Tips Memilih Keramik Dinding Kamar Mandi, Perhitungkan Hal Ini

YOGYAKARTA – Memilih keramik dinding kamar mandi memang sedikit rumit karena harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari estetika, ukuran, dan fungsi dari keramik itu sendiri. Pasalnya area kamar mandi membutuhkan perhatian ekstra dibanding ruangan lain di rumah karena bersinggungan dengan air dan biasanya ukurannya tidak terlalu besar. Jika Anda bingung saat memilih, disarankan untuk mengikuti tips memilih keramik dinding kamar mandi yang tepat.

Tips Memilih Keramik Dinding Kamar Mandi

Tips memilih keramik kamar mandi yang paling penting adalah dengan memperhatikan fungsional baru kemudian estetika.

  1. Pilih Keramik Khusus Dinding Kamar Mandi

Harus diketahui bahwa keramik untuk dinding kamar mandi berbeda dengan keramik lantai. Keramik lantai kamar mandi memiliki tekstur lebih kasar agar tak licin saat terkena air atau sabun. Sedangkan keramik dinding kamar mandi Anda bisa memilih yang glosy atau dove tanpa tekstur kasar.

  1. Pilih yang Mudah Dirawat

Disarankan untuk memilih keramik dinding yang mudah perawatannya. Tidak disarankan untuk memilih keramik berpori yang terbuat dari batu alam karena jenis keramik ini mudah meninggalkan noda saat terciprat air sabun.

  1. Hindari Keramik Kelas Rendah

Keramik kelas rendah biasanya mudah pecah, cutting keramik juga tidak simetris sehingga saat dipasang ukuran natt jadi tidak rata. Ukuran natt yang berbeda-beda akan mengurangi kesan estetik pada area ruang mandi.

  1. Sesuaikan Ukuran Keramik dengan Ukuran Dinding

Sangat dianjurkan untuk memilih ukuran keramik yang sesuai dengan ukuran dinding sehingga proses pemotongan tidak diperlukan. Potongan keramik biasanya tidak rata sehingga akan menimbulkan kesan kurang rapi di area sudut tembok. Agar kebutuhan tercukupi, ketahui cara menghitung kebutuhan keramik yang benar.

  1. Jangan Sembarangan Memilih Warna

Warna keramik dinding ruang mandi tidak boleh dipilih secara sembarangan. Anda harus mempertimbangkan ukuran keseluruhan dan pencahayaan. Jika ukuran kamar mandi sempit cobalah menggunakan warna keramik yang terang. Jika kamar mandi tidak mendapat pencahayaan yang cukup jangan memilih warna keramik yang gelap.

Selain itu sesuaikan dengan warna lantai kamar mandi. Hindari corak yang tidak nyambung. Misalnya Anda memasang keramik lantai motif bunga abu muda, disarankan untuk memilih warna yang tak terlalu jauh dari abu muda untuk bagian dinding.

  1. Perhatikan Corak

Jika Anda ingin memasak keramik dinding bercorak, hindari corak yang menimbulkan kesan kotor. Misalnya corak batu alam yang tak beraturan. Sebagai solusinya, Anda bisa memilih corak sederhana seperti batik atau bunga.

  1. Sesuaikan dengan Tema

Kamar mandi biasanya dirancang sesuai dengan tema rumah. Misalnya, Anda menerapkan tema vintage pada kamar mandi, disarankan untuk memilih keramik dinding yang serasi dengan tema tersebut. Selain itu sesuaikan pula dengan furniture yang ada di dalam kamar mandi.

Itulah beberapa tips memilih keramik dinding kamar mandi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.