Mau Punya Anak Kembar? Begini Cara Meningkatkan Peluangnya

JAKARTA - Memiliki anak kembar merupakan keinginan banyak pasangan. Namun, memang nyatanya tidak semua orang dapat kesempatan untuk mewujudkan impiannya. Kalau Anda dan pasangan sangat menginginkan anak kembar, mari coba kenali beberapa faktor yang bisa meningkatkan peluang hamil anak kembar dan cara-cara alami yang bisa membantu: 

Usia saat hamil

Wanita yang berusia lebih tua rupanya memiliki peluang besar untuk hamil anak kembar.  Ketika berusia 35 tahun atau lebih wanita menghasilkan follicle stimulating hormone (FSH) lebih banyak daripada mereka yang berusia lebih muda. Ini akan membuat mereka bisa mengeluarkan lebih dari satu folikel sel telur saat masa subur atau ovulasi dan mendorong untuk memiliki anak kembar. 

Riwayat keluarga 

Meski tak selalu, tapi memiliki keturunan kembar identik laki-laki lebih cenderung memiliki anak kembar. Kalau punya saudara kembar non-identik dalam keluarga pun, peluangnya lebih besar. Apalagi kalau dari pihak keluarga dan pasangan sama-sama punya saudara kembar identik, peluangnya semakin tinggi. 

Berat badan ibu 

Meski jarang didengar, wanita yang mengalami obesitas cenderung bisa hamil kembar dengan mereka yang berbadan ideal? Memang ironis, karena wanita yang kelebihan berat badan juga punya kemungkinan sulit hamil. 

Tinggi badan ibu 

Nah, wanita dengan dengan tinggi badan sekitar 164,8 cm ternyata punya kemungkinan lebih besar untuk hamil anak kembar dibanding yang tingginya 161,8 cm.

Mengonsumsi herbal 

Untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar, Anda juga bisa mengonsumsi tanaman herbal yang bisa membantu kesuburan dan pastinya pembuahan anak kembar. Apa saja tanaman herbal yang bisa dikonsumsi? Mulai dari minyak evening primrose, licorice, minyak biji rami, singkong Thailand, hingga akar maca.