Alexander Marwata Pilih Pensiun Usai Jabat Pimpinan KPK 2 Periode: Saya Tidak Daftar Jadi Dewas

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata memilih pensiun setelah menjabat selama dua periode, 2015-2019 dan 2019-2024. Dia memastikan tak mendaftar sebagai calon dewan pengawas.

“Tidak (mendaftar sebagai Dewas KPK, red). Saya mau pensiun setelah di KPK,” kata Alexander kepada wartawan saat dikonfirmasi, Senin, 15 Juli.

Alexander juga mengaku lelah dengan kondisi pemberantasan korupsi saat ini. Semua hanya angan-angan jika tak ada keinginan dari pemangku kepentingan, termasuk presiden selaku pimpinan tertinggi.

“Sangat (lelah dengan kondisi penegakan hukum saat ini, red). Jangan bermimpi pemberantasan korupsi berhasil jika tidak dilandasi political will dan dukungan penuh dari pimpinan tertinggi negeri,” tegasnya.

Adapun political will ini, sambung Alexander, bisa ditunjukkan dengan menjadikan komisi antirasuah lembaga yang fokus menangani praktik lancung. Bahkan, jika kasus itu ditangani oleh lembaga penegak hukum lain.

Harapannya agar KPK bisa memantau sampai mana kasus tersebut. “Jadikan KPK sebagai lembaga yang mensupervisi penanganan perkara korupsi,” ujarnya.

“Semua sprindik perkara korupsi harus diterbitkan KPK meskipun pelaksanaan penyidikannya bisa dibantu penyidik Polri maupun kejaksaan tapi mereka harus melaporkan hasil penyidikannya ke KPK,” sambung Alexander.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) dan Dewan Pengawas KPK mengungkap jumlah pendaftar terus bertambah pada hari terakhir atau Senin, 15 Juli ini. Total ada 210 orang yang mendaftar sebagai calon pimpinan hingga pukul 06.50 WIB.

“(Jumlah yang melakukan, red) registrasi 796. (Mendaftar, red) calon pimpinan 210 (orang, red),” kata Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat, Senin, 15 Juli.

Sementara untuk calon yang mendaftar sebagai Dewan Pengawas KPK berjumlah 142 orang, sambung Ateh. “(Jumlah, red) pendaftar pagi ini, 15 Juli pukul 06.50 WIB,” ujarnya.