Mercedes Perkenalkan AMG GT 63 Pro 4Matic+, Tenaganya Buas Layaknya Supercar

JAKARTA - Mercedes-AMG kembali persembahkan mobil performa tinggi dalam keluarga GT pada gelaran Goodwood Festival of Speed 2024 yang kini tengah berlangsung. Mobil tersebut bernama GT 63 Pro 4Matic+ yang berorientasi pada performa dan lebih sporty dalam hal pengalaman berkendara.

Chairman of the Board of Management of Mercedes-AMG Michael Schiebe, mengatakan mobil ini adalah salah satu yang tertinggi dalam seri GT dan menawarkan performa yang layak dilajukan di trek balap, namun tidak melupakan sisi kepraktisan penggunaan sehari-hari.

“Perpaduan antara performa dan kepraktisan ini menjadikannya tambahan yang sempurna untuk keluarga AMG GT kami, yang memiliki sesuatu untuk ditawarkan bagi setiap penggemar mobil sport,” kata Schiebe dalam laman resmi pabrikan, Sabtu, 13 Juli.

Sorotan pada mobil ini mencakup fasia depan agresif yang memiliki intake lebih lebar dengan tambahan deflektor serat karbon. Selain itu, hal menarik lainnya ialah terdapat sistem kontrol udara AirPanel aktif yang disebut membantu mengurangi gaya angkat aerodinamis di bagian depan lebih dari 29,9 kg.

Peningkatannya tidak hanya berhenti disitu, GT 63 Pro 4Matic+ memiliki sayap belakang dan deflektor udara bagian bawah bodi yang sama seperti ditemukan pada AMG One. Persona sporty semakin ditingkatkan dengan paket serat karbon standar yang terdiri dari splitter depan, diffuser belakang, dan side skirt.

Pabrikan dari Jerman ini memberinya dengan pelek forged 21 inci diselimuti ban Michelin Pilot Sport 5 atau Michelin Pilot Sport Cup 2 R yang mementingkan performa tinggi. Sistem pengereman dibekali dengan cakram keramik dikembangkan oleh divisi AMG berukuran 16,5 inci di depan dan dilengkapi kaliper enam piston.

Merek premium ini tidak lupa meninggalkan unsur kemewahan, namun dipadukan sporty di interior. GT 63 Pro 4Matic+ memiliki jok AMG Performance serta setir kemudi sport berbahan kulit dan microfiber. Dasbornya dihiasi dua layar, terdiri dari kluster instrumen 12,3 inci dan infotainmen 11,9 inci.

Mercedes-AMG membekalinya dengan sistem AMG Active Ride Control dengan stabilisasi roll aktif, kemudi poros belakang sebagai standar, dan aerodinamis aktif yang juga mempertajam profil berkendara.

Jantung pacunya diberi mesin 4,0 liter V8 twin-turbo khas AMG yang memompa tenaga 603 dk dan torsi 849 Nm atau lebih bertenaga 26 dk dan torsi 50 NM bila dibandingkan dengan GT 63 biasa.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi sembilan percepatan disalurkan penggerak semua roda (AWD). Dengan demikian, mobil ini dapat mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,1 detik dan sentuh top speed 317 km/jam.

Sayangnya, Mercedes-AMG belum mau ungkapkan harga dari mobil berperforma supercar ini. Sebagai gambaran, model lain GT 63 S E Performance telah tersedia dalam pemesanan dengan harga 217.770 euro (Rp3,83 miliaran).