AWS Memperkenalkan App Studio, Alat GenAI untuk Buat Aplikasi Hanya dengan Perintah Teks

JAKARTA - Amazon Web Service (AWS) akan meningkatkan kredibilitas AI generatifnya dengan alat baru yang disebut App Studio, yang memungkinkan Anda membuat aplikasi hanya dengan perintah. 

“App Studio adalah layanan yang didukung kecerdasan buatan (AI) generatif yang menggunakan bahasa alami untuk membuat aplikasi kelas perusahaan dalam hitungan menit, tanpa memerlukan keterampilan pengembangan perangkat lunak,” tulis AWS dalam blognya. 

Mudahnya, Anda hanya cukup mendeskripsikan program apa yang Anda inginkan, kemudian App Studio AWS akan menulis kodenya untuk membuat aplikasi perangkat lunak Anda tanpa memerlukan pengembang profesional. 

“App Studio ditujukan bagi teknisi yang memiliki keahlian teknis tetapi bukan pengembang profesional, dan kami memungkinkan mereka membangun aplikasi kelas perusahaan,” kata Sriram Devanathan, GM Amazon Q Apps dan AWS App Studio, kepada TechCrunch.

Dengan alat baru ini, AWS berharap dapat membantu para karyawan untuk membangun aplikasinya sendiri, dengan menjelaskan aplikasi yang mereka perlukan dan sumber data yang ingin mereka gunakan. 

Saat aplikasi selesai dibuat, aplikasi akan menggunakan alur kerja DevOps mini, yang memungkinkan perusahaan untuk bisa menguji coba aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum akhirnya masuk ke tahap produksi. 

Setelah semua tahapan selesai dan aplikasi diterapkan, AWS akan menangani semua sistem di back-end untuk pelanggan, berdasarkan informasi yang dimasukkan oleh admin.

Devanathan juga mengatakan bahwa App Studio bekerja dengan menggunakan beberapa model yang berjalan di Amazon Bedrock, termasuk Amazon Titan dan Anthropic, tergantung pada pekerjaannya.