Miliki Perangkat Keselamatan Lengkap, Honda Pilot Raih Nilai Keselamatan Tertinggi dari IIHS

JAKARTA - Honda baru saja memperoleh predikat keselamatan tertinggi dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) pada model Pilot 2025. SUV tersebut diberi penilaian 2024 Top Safety Pick+ (TSP+) dari regulator keselamatan asal Amerika Serikat (AS) ini.

Dalam pengujian keselamatan yang digelar IIHS, terdapat empat indikator penilaian yakni Good sebagai tertinggi, Acceptable, Marginal, dan Poor sebagai yang terendah.

Melansir dari laman IIHS, Jumat, 12 Juli, pengujian bagian depan tumpang tindih kecil dan pengujian sisi yang diperbarui diberi penilaian ‘Good’. Sedangkan, pengujian bagian depan tumpang tindih sedang yang diperbarui raih Acceptable.

Untuk pengujian penghindaraan kecelakaan, SUV berdimensi besar ini memperoleh nilai Good pada sistem lampu depan dan pencegahan tabrakan depan untuk pejalan kaki.

>

Dalam sistem seatbelt dan keselamatan anak-anak, Honda Pilot peroleh penilaian Good. Ini sekaligus membuktikan bahwa pabrikan dari Jepang ini mengutamakan sisi keselamatan konsumennya dalam menggunakan kendaraan tersebut.

Dengan demikian, Pilot 2025 menjadi model kelima Honda yang peroleh predikat tertinggi ini setelah Accord dan HR-V peroleh penilaian TSP+ dan CR-V serta Odyssey meraih predikat TSP.

Hasil ini juga sejalan dengan visi pabrikan dalam “Safety for Everyone” bagi semua pengguna jalan. Honda telah menetapkan tujuan global untuk mencapai nihil korban jiwa dalam tabrakan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil Honda pada tahun 2050.

Honda mengoperasikan dua fasilitas uji tabrakan tercanggih di dunia di Ohio dan Jepang, dan bertanggung jawab atas berbagai upaya perintis dalam kelayakan tabrakan, kompatibilitas tabrakan, dan keselamatan pejalan kaki.

Kembali ke Pilot, mobil ini telah dilengkapi dengan sistem perangkat keselamatan dari Honda Sensing, terdiri dari Collision Mitigation Braking System with Pedestrian Detection, Forward Collision Warning, Road Departure Mitigation, Lane Keeping Assist System, serta Adaptive Cruise Control.