Negara Terkecil di Dunia: Cuma Seluas Kabupaten

YOGYAKARTA - Kalau bicara negara terbesar tentunya kita tahu kalau Rusia dengan luas daratan 17.098.242 km² dan jumlah penduduk mencapai 144.055.215 jiwa. Namun tahukah kalian apa negara terkecil di dunia? Yuk kita bahas di sini!

TOPICS

- Syarat Berdirinya Suatu Negara

- Vatikan Jadi Negara Terkecil di Dunia

- Beberapa Negara Terkecil di Dunia Lainnya

  1. Monako
  2. Nauru
  3. Tuvalu
  4. San Marino
  5. Liechtenstein
  6. Kepulauan Marshall

Syarat Berdirinya Suatu Negara

Sebelum mengetahui negara terkecil didunia, alangkah baiknya kita menengok seperti apa syarat berdirinya suatu negara itu. Walaupun tidak ada ketentuan resmi, ada kriteria pembuatan negara baru yang diterima secara umum serta berakar pada hukum internasional.

Mengacu pada Konvensi Montevideo 1933, di nyatakan kalau suatu daerah wajib penuhi 4 ketentuan berikut buat jadi suatu negara:

  1. Mempunyai penduduk tetap
  2. Mempunyai batasan wilayah yang jelas
  3. Mempunyai pemerintahan
  4. Mempunyai kemampuan buat mengadakan perjanjian dengan negara lain.
Gambar Negara Vatikan - Tim Bernhard-Unsplash

Vatikan Jadi Negara Terkecil di Dunia

Kalau ditanya apa negara terkecil di dunia? Pastinya dipegang oleh Vatikan dengan luas daerah 0,49 km². Negara yang terletak di Eropa Selatan ini memberlakukan mata uang Euro buat seluruh proses transaksi.

Dengan populasi sebanyak 526 jiwa, Vatikan diakui secara internasional selaku negeri terkecil yang beroperasi secara mandiri.

Selaku negara dengan populasi terkecil di dunia, Vatikan memegang kedudukan penting selaku pusat Gereja Katolik di dunia.

Pengesahan Vatikan selaku negara merdeka yang diakui dunia merupakan hasil dari penandatanganan perjanjian oleh Paus Pius XI pada tahun 1929.

Perjanjian tersebut ialah kompensasi atas hilangnya pengaruh Vatikan di berbagai daerah sekitar Italia.

Vatikan mempunyai sisi spesial, yakni arsitektur yang menawan. Ada pula batasan-batasan wilayahnya terdiri dari Kapel Sistina, Lapangan Santo Petrus, serta Taman Vatikan.

Beberapa Negara Terkecil di Dunia Lainnya

I. Monako

Masih terletak di Eropa Selatan, posisi kedua dalam daftar negeri terkecil di dunia yaitu Monako dengan luas daerah 1,95 km² serta populasi sebanyak 36.186 jiwa.

Menganut sistem monarki konstitusional, negara yang memberlakukan mata uang Euro ini populer dengan bermacam kemewahan, semacam kasino serta sirkuit Grand Prix yang bergengsi.

Tidak cuma itu, Monako pula kaya akan panorama alam alamnya yang luar biasa. Negeri kecil ini menawarkan pesona laut Mediterania yang jernih serta hangat.

II. Nauru

Dengan luas 21 km², Nauru menempati urutan ketiga negeri terkecil di dunia. Negara kepulauan terkecil di dunia ini terletak di Oseania.

Menawarkan panorama alam tropis yang khas serta keanekaragaman hayati laut, negeri dengan populasi 11.065 jiwa ini sering kali jadi tujuan turis dari bermacam belahan dunia.

Bila mau berkunjung ke Nauru, siapkan dahulu mata uang dolar Australia supaya dapat bertransaksi dengan mudah.

III. Tuvalu

Tuvalu menempati posisi keempat negara dengan luas wilayah sangat kecil di dunia. Negeri seluas 26 km² dengan populasi 11. 461 jiwa ini terdiri dari 9 pulau cincin (karang atol).

Tuvalu mempunyai titik tertinggi 15 kaki ataupun sekitar 4,57 m di atas permukaan laut. Walaupun begitu, negeri ini mempunyai Kawasan Konservasi Funafuti yang tersebar di selama pantainya.

Terletak di daerah Oseania, Tuvalu mengelola kawasan perlindungan laut yang luas dengan total daratan serta terumbu sekitar 3. 100 hektare.

Dengan pemandangan pantai Pasifik Selatan terpencil yang menawan, Tuvalu jadi destinasi wisata menarik buat didatangi.

IV. San Marino

Pemegang posisi kelima negara terkecil di dunia yaitu San Marino dengan luas 61 km² dengan populasi 33.621 jiwa. Negeri ini terletak di timur laut Pegunungan Apennine, Italia.

San Marino ialah negeri republik tertua di dunia. Peninggalan dari abad pertengahan serta pemandangan alam pedesaan Italia membuat San Marino mempunyai pesona tersendiri untuk turis.

V. Liechtenstein

Terletak di antara Austria serta Swiss, Liechtenstein mempunyai luas 160 km² serta populasi 39.772 jiwa. Posisinya yang strategis membuatnya sering didatangi turis saat musim dingin.

Dari Liechtenstein, nampak pemandangan Alpen serta pedesaan yang menawan. Ada banyak kegiatan menarik yang dapat dicoba di situ, mulai dari lintas alam sampai bermain ski di gunung bersalju.

VI. Kepulauan Marshall

Kepulauan Samudra Pasifik mempunyai negeri dengan luas daerah 181 km² saja. Kepulauan Marshall hanya terdiri dari 29 karang atol serta 5 pulau.

Negeri kepulauan dengan populasi 42.325 jiwa ini kaya dengan budaya serta sejarah. Tidak cuma itu, kekayaan lautnya pula menarik buat dijelajahi.

Selain itu kalian juga mesti tahu Apa Saja Indikator Negara Maju.

Jadi setelah mengetahui negara terkecil di dunia, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!