Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel ini akan dibahas fakta negara Vatikan yang menjadi pusat spiritual umat Katolik di seluruh dunia.

Vatikan merupakan sebuah negara yang tertelak di dalam kota Roma, Italia. Secara resmi, negara terkecil di dunia ini dikenal sebaga Kota Vatikan (Vatican City). Luas negara Vatikan hanya sekitar 44 hektar dengan populasi kurang lebih 800 orang.

Sistem pemerintahan di negara Vatikan berbentuk teokrasi absolut, di mana Paus memiliki kekuasaan tertinggi baik dalam hal legislatif, eksekutif, maupun yudikatif.

Vatikan menjadi negara merdeka berdasarkan Perjanjian Lateran yang ditandatangani dengan Italia pada tahun 1929. Perjanjian tersebut memberikan Vatikan status kedaulatan penuh dan independensi dari Italia.

Fakta Negara Vatikan

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah fakta menarik negara Vatikan yang belum banyak diketahui orang.

  1. Negara terkecil di dunia

Di atas, telah disinggung bahwa Vatikan adalah negara terkecil di dunia, dengan luas hanya sekitar 44 hektar dan populasi kurang lebih 800 orang.

Meskipun kecil, Vatikan dapat menarik sekitar 5,5 juta wisatawan setiap tahunnya, menjadikannya salah satu destinasi paling populer di dunia.

  1. Pusat seni dan budaya

Negara Vatikan juga dikenal sebagai pusat seni dan budaya dengan koleksi seni yang luar biasa. di negara ini terdapat bangunan-bangunan ikonik seperti Basilika Santo Petrus dan Kapel Sistina yang terkenal dengan lukisan karya Michelangelo.

  1. ATM dengan intruksi dalam bahasa Latin

Fakta menarik negara vatikan yang lainnya adalah ATM yang ada di negara Vatikan menggunakan bahasa Latin untuk petunjuk penggunannya.

ATM ini dimiliki oleh Bank Vatikan, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatan dengan bahasa kuno ini.

  1. Pusat Gereja Katolik

Vatikan merupakan pusat spiritual Gereja Katolik Roma dan menjadi kediaman resmi Paus, pemimpin spiritual bagi lebih dari satu miliar umat Katolik di seluruh dunia.

  1. Kekuasaan Paus

Kepala negara Vatikan disebut dengan gelar ‘Pope’ atau ‘Paus’ di Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘Paus’ bermakna pemimpin tertinggi agama Katolik yang berkedudukan di Vatikan.

Sebagai kepala negara, Paus memiliki kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif absolut. Vatikan menjadi satu-satunya negara di dunia yang memiliki bentuk pemerintahan teokrasi absolut.

  1. Angkatan bersenjata

Angkatan bersenjata Vatika dikenal sebagai Garda Swiss Kepausan. Pasukan ini terdiri dari 135 anggota yang dilatih secara militer. Mereka bertanggung jawab atas keamanan Paus dan Vatikan sejak tahun 1506.

  1. Punya jalur kereta api terpendek di dunia

Di Vatikan juga terdapat jalur kereta api terpendek di dunia yang panjangnya hanya 300 meter dengan satu stasiun. Meskipun pendek, jalur kereta api ini digunakan untuk keperluan impor barang dan acara seremonial tertentu.

  1. Tim sepak bola

Meskipun negara kecil, Vatikan ternyata memiliki tim sepak bola sendiri. Tim ini sangat unik lantaran terdiri dari karyawan Vatikan, termasuk petugas polisi, pekerja pos, dan anggota Garda Swiss.

  1. Situs warisan dunia

Vatikan menjadi satu-satunya negara yang seluruh wilayahnya diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Beberapa situs yang terkenal yakni Basilika Santo Petrus, Istana Apostolik, dan taman-taman Vatikan.

Demikian informasi tentang fakta negara Vatikan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.