Galaxy Ring Resmi Diluncurkan di Galaxy Unpacked, Intip Harganya

JAKARTA – Samsung menggelar Galaxy Unpacked kedua di tahun ini pada Rabu, 10 Juli pukul 20.00 WIB. Di acara tersebut, Samsung meluncurkan beberapa perangkat wearable, salah satunya Galaxy Ring.

Dipamerkan pertama kali di Mobile World Congress (MWC) 2024, cincin pintar ini disebut sebagai perangkat kesehatan karena dirancang untuk memantau kesehatan pengguna selama 24 jam per hari. Perangkat ini juga memiliki beberapa sensor penting.

Dengan berat 2,3 gram hingga 3 gram, Samsung menawarkan sembilan pilihan ukuran dengan warna yang beragam. Ada tiga pilihan warna yang Samsung tawarkan, di antaranya Titanium Black, Titanium Silver, dan Titanium Gold.

Dari segi desain, Galaxy Ring dilapisi titanium grade 5 dengan ketahanan air 10 ATM. Artinya, perangkat ini bisa tahan terhadap tekanan air selama kedalamannya tidak lebih dari 100 meter. Cincin pintar ini bisa digunakan untuk berenang atau snorkeling.

Galaxy Ring memiliki masa pakai 7 hari. Jika daya baterainya sudah habis, pengguna bisa mengisi dayanya dengan wadah pengisian yang diberikan. Wadah ini memiliki lampu LED yang dapat menunjukkan status pengisian daya.

Samsung mengatakan bahwa perangkat canggih ini membawa beberapa fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) seperti algoritma AI tidur, Sleep Score, analisis dengkuran, metrik tidur, Cycle Tracking, Heart Rate Alert, Wellness Tips, dan masih banyak lagi.

Seluruh data yang direkam akan disimpan ke dalam Samsung Health, platform yang bisa diakses melalui perangkat tersambung. Tak hanya untuk kesehatan, perangkat ini bisa mengambil foto dan mematikan alarm melalui gesture mencubit.

Galaxy Ring akan dijual dengan harga 399,99 dolar AS atau sekitar Rp6,4 juta. Perangkat ini hanya bisa dipesan secara pre-order di negara tertentu seperti AS dan Britania Raya. Penggemar di Indonesia masih harus menunggu hingga perangkat ini diperluas ke negara lain.