Fitur Deteksi Sleep Apnea Tersedia untuk Galaxy Watch Lama Sebelum Peluncuran Galaxy Watch7

JAKARTA -Samsung diperkirakan akan meluncurkan Galaxy Watch7 dan Galaxy Watch Ultra bersama dengan Galaxy Z Flip6, Galaxy Z Fold6, Galaxy Buds3, dan Galaxy Ring. Banyak informasi sudah diketahui mengenai Galaxy Watch7 dan Galaxy Watch Ultra, termasuk desain, fitur, dan spesifikasi.

Awal tahun ini, Samsung mendapatkan persetujuan dari FDA untuk fitur deteksi sleep apnea, yang merupakan pertama kalinya untuk smartwatch konsumen. Kini, pada hari peluncuran Galaxy Watch7 dan Galaxy Watch Ultra, pengguna Galaxy Watch yang lebih lama dilaporkan mulai menerima fitur sleep apnea tersebut.

Seorang pengguna Reddit bernama Enjinr membagikan beberapa tangkapan layar yang menunjukkan fitur sleep apnea setelah menginstal pembaruan terbaru aplikasi Samsung Health Monitor. Pengguna tersebut juga mencatat bahwa mereka terdaftar dalam program beta Samsung One UI Watch 6, yang tersedia untuk seri Galaxy Watch4, Galaxy Watch5, dan Galaxy Watch6.

Tangkapan layar yang dibagikan menunjukkan bahwa fitur sleep apnea terbaru tidak tersedia di Galaxy Watch yang menjalankan One UI 5 Watch. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengenakan jam tangan mereka saat tidur selama dua malam.

Selama waktu ini, jam tangan akan melacak tidur pengguna selama minimal empat jam setiap malam, memantau penurunan kadar oksigen dalam darah. Setelah dua malam, fitur sleep apnea akan mati secara otomatis dan menawarkan hasil kepada pengguna, yang mencakup rincian tentang kemungkinan sleep apnea sedang hingga berat.

Pengguna tersebut juga mencatat bahwa ada beberapa persyaratan teknis tambahan untuk fitur sleep apnea, termasuk dukungan jam tangan minimum Galaxy Watch 4, minimum Wear OS 5.0 (One UI 6), dan minimum Phone OS Android 9.

Galaxy Watch7 dan Galaxy Watch Ultra keduanya diharapkan muncul dengan fitur sleep apnea terbaru langsung dari kotaknya karena mereka membutuhkan One UI 6 Watch, yang akan dilengkapi dengan kedua smartwatch yang akan datang ini.