Cara Merekam Layar di Ponsel Samsung Galaxy

JAKARTA – Sama seperti ponsel pada umumnya, Samsung Galaxy bisa digunakan fitur untuk merekam layar. Fitur ini sangat berguna jika Anda sedang menghadiri pertemuan online atau saat ingin merekam sesuatu.

Meski fitur ini ada di hampir seluruh ponsel Galaxy, cara menggunakannya mungkin berbeda, tergantung dengan versi firmware yang digunakan. Namun, mayoritas perangkat Samsung bisa menggunakan cara berikut ini, dikutip dari Android Police.

Merekam Layar dengan Pengaturan Cepat

Alat perekam layar sebenarnya sudah ada di panel Pengaturan Cepat. Untuk menggunakan alatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Geser layar dari atas untuk membuka panel Pengaturan Cepat.
  2. Ketuk tombol Perekam Layar.
  3. Jika tidak ada, klik tombol Plus dan tambahkan alatnya.
  4. Saat jendela perekam layar terbuka, klik Mulai Merekam.

Saat memulai perekaman, Anda bisa memilih salah satu dari ketiga opsi, yaitu merekam tanpa suara, merekam dengan suara bawaan media, atau merekam suara bawaan dan suara Anda yang terekam dari mikrofon.

Selama perekaman layar berjalan, Anda akan melihat bilah yang mengambang di bagian atas layar. Bilah ini bisa mempercepat akses Anda ke alat perekam layar. Anda bisa menghentikan perekamannya untuk sementara atau mematikan rekamannya.

Setelah rekaman berakhir, hasil rekaman akan tersimpan dalam bentuk video di galeri, tepatnya di folder Rekaman Layar. Video yang tersimpan bisa diedit sesuai dengan keinginan Anda.