Kenali 5 Tanda Hubungan Kamu dan Pasangan Akan Bertahan Lama

JAKARTA - Hampir semua pasangan yang menjalin hubungan serius dan berkomitmen ingin bertahan selamanya. Siapa yang ingin menginvestasikan waktu, tenaga, dan emosinya pada seseorang yang pada akhirnya akan menghancurkan hatinya, bukan?

Jika Anda sedang menjalin hubungan baru dan bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan terbaik bersama pasangan selamanya, pertimbangkan untuk mencoba hal ini.

Berikut lima hal yang bisa dilihat dari awal hubungan yang menandakan hubungan asmara akan bertahan selamanya dilansir dari Psychology Today, Rabu, 10 Juli.

Merasa nyaman

Salah satu tanda hubungan akan bertahan lama yaitu saat Anda dan pasangan merasa nyaman satu sama lain seiring berjalannya waktu. Anda dan si dia mudah menyatu. Selain itu rela memasuki pengalaman satu sama lain namun tidak terjebak di dalamnya. Masih mempunyai keterikatan dan komitmen yang jelas satu sama lain, namun sama sekali tidak dikuasai oleh kebutuhan satu sama lain. Mereka dapat mengatakan “tidak” atau “ya” terhadap permintaan tanpa takut dianggap menolak.

Kurangnya pertengkaran kecil

Di awal hubungan, semua hal terasa sangat menyenangkan. Namun, lambat laun tantangan semakin meningkat dan pertengkaran tak dapat dihindari. Jika pertengkaran-pertengkaran kecil mulai bisa Anda dan pasangan atasi, itu artinya hubungan kalian akan bertahan lama. Mengatasi masalah biasa dilakukan dengan cara mencari solusi dan kompromi yang memastikan bahwa kebutuhan Anda dan si dia merasa didengar dan dihormati.

Menerima satu sama lain apa adanya

Apakah Anda dan pasangan saling menerima apa adanya tanpa berusaha mengubah satu sama lain? Jika jawabannya ya, kemungkinan besar Anda akan tetap bersama lebih lama bahkan seumur hidup. Menerima pasangan apa adanya berarti Anda menerima keyakinan, kelemahan, dan kebiasaannya, baik itu sama dengan Anda (atau tidak).

Tidak menyalahkan pasangan atas ketidakbahagiaan hubungan

Terkadang, saat sedang frustasi, stres, kecewa, atau bahkan bosan dengan hubungan, Anda cenderung menyalahkan pasangan karena ketidakbahagiaan. Lebih mudah melihat kesalahan pasangan.

Jika Anda ingin bahagia dalam hubungan, Anda harus berhenti memusatkan perhatian pada ketidaksempurnaan pasangan. Sebaliknya, Anda harus lebih fokus pada bagaimana Anda akan mengubah cara Anda bereaksi terhadap kekurangan dan perilaku pasangan.

Bisa saling menghargai

Menghargai seseorang membuat mereka merasa senang dengan upaya yang telah dilakukan. Terkadang Anda lupa mengucapkan “terima kasih” kepada pasangan padahal dia selalu membantu Anda. Tidak mengakui upaya pasangan membuat dia merasa dianggap remeh.

Saat Anda menunjukkan penghargaan kepada pasangan, Anda membuat mereka merasa berharga dan sangat berarti. Dia akan merasa bahagia dan dicintai karena Anda membuatnya merasa bahwa Anda bersyukur atas apa yang dia lakukan dan sebagai ketidakseimbangannya, dia akan membuat Anda merasa dihargai ketika Anda melakukan sesuatu untuk dia.