Cara Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Basi

YOGYAKARTA – Memasak nasi menggunakan rice cooker memang mudah untuk dilakukan. Proses yang dibutuhkan pun cepat. Sayangnya memasak menggunakan alat tersebut kadang membuat nasi lebih mudah basi. Kondisi tersebut terjadi karena banyak faktor seperti beras kurang bersih, air yang digunakan terkontaminasi bakteri, dan sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa cara memasak nasi agar tak mudah basi meski menggunakan rice cooker.

Cara Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Basi

Agar nasi tak mudah basi, sebelum memasak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Pastikan beras berkualitas baik

Nasi yang cepat basi juga bisa disebabkan karena kualitas beras yang kurang baik. Kualitas beras bawah biasanya berwarna condong gelap dan disertai kutu. Selain itu kadang terdapat campuran organik lain seperti kulit padi dan sebagainya.

  1. Pastikan peralatan memasak bersih

Pastikan ricecooker dalam keadaan bersih dan kering. Jangan menumpuk bekas nasi yang sudah kering dengan beras baru karena kebiasaan itu akan membuat nasi baru cepat busuk. Bersihkan ketel ricecooker dengan sabun lalu keringkan.

  1. Cuci beras dengan sempurna

Disarankan untuk mencuci beras hingga benar-benar bersih dengan air jernih. Caranya dengan merendam beras dalam ketel lalu beras dan air diaduk atau beras diremas, setelah itu buang airnya. Ulangi proses ini sebanyak 2 sampai 3 kali. Setelah itu baru rendam beras dengan air untuk dimasak.

  1. Pastikan takaran air pas

Takaran air yang berlebih akan membuat nasi lebih lembek dan mudah basi. Oleh karenanya penting untuk bisa menentukan takaran air memasak nasi agar pulen.

  1. Tambahkan bahan organik

Bahan organik lain bisa jadi jalan keluar agar nasi tak cepat basi. Cara menambahkannya sangat mudah, cukup masukkan salah satu bahan di bawah ini sebelum proses memasak dilakukan. Daftr bahan yang bisa dicampur adalah sebagai berikut.

  • Satu atau dua siung bawang putih kupas
  • Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis ke beras
  • Air perasan jeruk lemon dan irisan daun pandan
  1. Jangan pakai centong kotor untuk ambil nasi

Mengambil nasi biasanya menggunakan centong. Pastikan centong dalam keadaan bersih sehingga tak ada kontamasi pada nasi. Kontaminasi yang disebabkan karena bakteri di centong kotor akan membuat nasi cepat basi.

  1. Diamkan nasi 10 menit setelah matang

Jangan langsung mengaduk nasi yang sudah matang karena saat kondisi tersebut masih banyak air hasil penguapan nasi. Uap nasi itu akan memicu basi lebih cepat. Anda bisa mendiamkan nasi selama 10 menit setelah matang.

  1. Aduk nasi

Setelah nasi didiamkan sesaat, lakukan pengadukan pada nasi agar kandungan air benar-benar menguap sempurna. Uap ini harus dihilangkan agar tidak membasahi nasi sehingga cepat basi.

  1. Tutup ricecooker dengan rapat

Setelah mengambil nasi, pastikan ricecooker tertutup dengan sempurna. Celah terbuka dari tutup ricecooker bisa jadi jalan serangga atau kontaminasi lain masuk ke dalam ketel.

Itulah beberapa cara memasak nasi agar tidak mudah basi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.