LeBron James Kembali Dikontrak LA Lakers Rp1,69 triliun untuk Dua Tahun

JAKARTA - LeBron James telah menyepakati kontrak dua tahun senilai 104 juta dolar AS (Rp1,69 triliun) dengan Los Angeles Lakers, seperti yang dilaporkan oleh ESPN dan The Athletic pada Rabu, 10 Juli. Langkah ini hanya sedikit meningkatkan gajinya untuk musim 2024-25 sebesar 51,4 juta dolar AS (Rp835,3 miliar) dalam bentuk opsi pemain.

Namun, James memilih keluar dari kontraknya minggu lalu, sehari setelah Lakers memilih putra sulungnya, Bronny, dengan pilihan ke-55 dalam NBA Draft 2024. Bahkan sebelum potensi pasangan ayah-anak, semua tanda menunjukkan James akan bermain di musim NBA ke-22-nya  dan musim ketujuhnya bersama Los Angeles.

Kontrak tersebut, yang selesai pada hari keempat agen bebas, mencakup klausul tanpa perdagangan dan opsi pemain untuk musim depan. Keterlambatan dalam merumuskan kesepakatan ini dilaporkan disebabkan oleh upaya James untuk merekrut pemain "impact" lainnya, yang tampaknya tidak berhasil.

ESPN melaporkan bahwa James ingin membawa Klay Thompson atau DeMar DeRozan ke Los Angeles. Thompson dilaporkan memiliki kontrak senilai  20 juta dolar AS per musim dari Lakers, tetapi dia memilih bergabung dengan Kyrie Irving dan Luka Doncic di Dallas Mavericks, juara Wilayah Barat.

DeRozan, yang merupakan warga asli Los Angeles dan pernah bermain di Southern California, masih belum menandatangani kontrak hingga Rabu pagi. Laporan mengaitkannya dengan Sacramento Kings, tetapi setelah James menandatangani kontrak maksimal, Lakers harus melepaskan gaji dalam kesepakatan sign-and-trade dengan Chicago Bulls untuk mendapatkan DeRozan.

James senior, yang akan berusia 40 tahun pada bulan Desember, telah menyatakan berkali-kali bahwa dia ingin bermain dengan putranya sebelum mengakhiri kariernya. Dia menyaksikan dari belakang fasilitas latihan saat Bronny James dan pilihan putaran pertama Dalton Knecht diperkenalkan secara resmi dalam konferensi pers pada  Selasa, 9 Juli.

LeBron James mencatat rata-rata 25,7 poin, 8,3 assist, dan 7,3 rebound dalam 71 pertandingan di musim 2023-24. James, yang merupakan MVP liga empat kali, menjadi pemain pertama dalam sejarah yang melampaui 40.000 poin karier musim lalu. Dia adalah 20 kali All-Star dan memiliki rata-rata karier 27,1 poin, 7,5 rebound, dan 7,4 assist dalam 1.492 pertandingan musim reguler.