Coins.ph Luncurkan PHPC, Stablecoin Peso Filipina Pertama di Blockchain Ronin

JAKARTA - Coins.ph, platform pertukaran kripto di Filipina, baru saja meluncurkan stablecoin Peso Filipina pertama, PHPC, di blockchain Ronin. Dalam pengumuman pada hari Senin di X, perusahaan yang memiliki lebih dari 18 juta pengguna ini mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan persetujuan dari Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) untuk menguji coba PHPC di bawah Kerangka Regulatory Sandbox BSP.

PHPC adalah stablecoin yang dirancang khusus untuk dipatok ke Peso Filipina, dengan setiap token didukung penuh oleh uang tunai dan setara kas yang disimpan di rekening bank Filipina. Dengan patokan 1:1 ini, pengguna dapat dengan yakin menukar PHPC dengan Peso Filipina.

Tujuan utama dari peluncuran PHPC adalah untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya terkait berbagai transaksi keuangan, termasuk pengiriman uang, transfer peer-to-peer, pembayaran pedagang, dan transaksi bisnis-ke-bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, PHPC berupaya menyederhanakan proses ini dan berpotensi merevolusi cara transaksi keuangan dilakukan di Filipina.

Dikutip dari Crypto News, Wei Zhou, CEO Coins.ph, mengatakan, “Dengan Filipina menjadi pusat adopsi game web3, penting bagi kami untuk membuat PHPC tersedia di Ronin, blockchain game web3 terbesar di dunia.”

Baca juga:

Ronin, yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin dalam ruang game web3. Blockchain ini adalah pilihan utama untuk game populer seperti Axie Infinity dan Pixels, yang memiliki pengikut besar di kalangan gamer Filipina. Dengan meluncurkan PHPC di Ronin, Coins.ph memanfaatkan ekosistem yang berkembang ini dan membuka kemungkinan baru bagi para gamer untuk berinteraksi dengan aset digital.

Kemitraan antara Coins.ph dan Ronin tidak hanya berhenti pada peluncuran PHPC di blockchain. Kedua entitas ini sedang menjajaki peluang kolaboratif di bidang transfer, pembayaran, dan perdagangan. Ada juga rencana untuk mencantumkan pasangan PHPC/RON di Katana, bursa terdesentralisasi di blockchain Ronin, yang semakin mengintegrasikan stablecoin ini ke dalam ekosistem game web3.

Jeff Zirlin, Co-Founder dan Chief Growth Officer di Sky Mavis, perusahaan di balik Ronin dan Axie Infinity, mengatakan, “Filipina adalah jantung dari gaming Web3. Kami sangat senang bahwa Coins.ph memutuskan untuk meluncurkan PHPC di Ronin.”

Zirlin juga mencatat bahwa langkah ini menandakan ekspansi Ronin melampaui gaming ke pembayaran dunia nyata dan transaksi pedagang.