Intip Keistimewaan Ferrari 250 GT SWB California Spider 1960 yang akan Dilelang Lebih dari Rp260 Miliar

JAKARTA - RM Sotheby's akan melelang satu unit Ferrari 250 GT SWB California Spider keluaran tahun 1960, di ajang Monterey Car Week 2024 pada 15-17 Agustus mendatang.

RM Sotheby's memperkirakan harga lelang Ferrari 250 GT SWB California Spider 1960 ini akan mencapai 16 juta dolar AS-18 juta dolar AS. Jika dirupiahkan, nilainya setara dengan Rp260,3 miliar-Rp293 miliar. Harga ini mencerminkan kelangkaan, sejarah panjang dan keistimewaan, serta kondisi mobil yang luar biasa.

Bukan Sembarang California Spider

Dilansir dari informasi rumah lelangnya, 9 Juli, SWB California Spider tercatat rata-rata dimiliki oleh para pesohor Hollywood hingga jetset seperti aktor James Coburn, Peter Helm, Alain Delon, Brigitte Bardot, Roger Vadim hingga Aga Khan. Mobil ini bisa dibilang mobil sport terbuka dengan performa terbaik di eranya, layaknya McLaren F1 di era modern.

Ferrari 250 GT sendiri menorehkan sejarah gemilang di awal 1950-an. Model LWB “Tour de France” dan 250 TR sukses besar di ajang balap mobil sport. Namun Ferrari tak pernah puas. Mereka terdorong untuk menciptakan mobil yang lebih baik lagi, terutama atas permintaan John von Neumann, importir Ferrari di California.

Von Neumann menginginkan mobil sport sejati yang bisa dikendarai ke lintasan balap, digeber di sana. Ide ini didukung Luigi Chinetti, importir resmi Ferrari, dan lahirlah California Spider. Mobil ini memiliki bodi terbuka yang dirancang dan dibuat oleh maestro desainer Sergio Scaglietti, menggunakan sasis Tour de France berlinetta. California Spider menuai prestasi di arena balap GT, menjuarai kelasnya di Sebring 1959 dan finis ke-5 di Le Mans beberapa bulan kemudian.

Setelah 50 unit California Spider LWB diproduksi, Ferrari menghadirkan evolusi pamungkas: versi SWB (Short Wheelbase). SWB menawarkan peningkatan performa dibanding pendahulunya, termasuk track yang lebih lebar, shock absorber Koni yang bisa diatur, rem cakram di keempat roda, dan mesin V12 short-block versi terbaru. Dengan segala penyempurnaan ini, SWB California Spider tak hanya kencang tapi juga menyenangkan untuk dikendarai.

Memiliki nomor sasis 1795 GT adalah unit pertama dari 56 SWB California Spider yang pernah diproduksi. Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur paling diidamkan di masanya, seperti:

  • Mesin kompetisi Tipo 168 - Disebut sebagai "Motore competizione" di lembar perakitan mesin pabrik.
  • Lampu depan tertutup
  • Hardtop removable dari pabrik

Tak hanya itu, tata letak dashboard mobil ini diyakini unik. Awalnya berwarna Grigio dengan interior kulit merah, mobil ini dipamerkan Ferrari di Geneva Motor Show pada Maret 1960. Setelahnya, mobil dikembalikan ke Maranello dan diberi interior hitam sebelum dikirim ke pemilik pertamanya, John Gordon Bennett, seorang pembalap Inggris yang saat itu tinggal di Jenewa.

Saat ini, 1795 GT yang dilelang ini tampil memukau dengan warna original delivery-nya. Mobil ini memiliki Ferrari Classiche Red Book Certification, yang artinya mesin, gearbox, dan drivetrain-nya masih asli. 

Dengan segala keistimewaannya, 1795 GT tak hanya menjadi salah satu Ferrari 250 GT SWB California Spider paling signifikan, tapi juga yang terbaik dan terpenting yang pernah ada.