Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dalam 1 Hari

YOGYAKARTA – Kutu rambut adalah parasit serangga yang hidup di permukaan kulit kepala. Sebenarnya kutu rambut tidak menimbulkan dampak berbahaya, namun sangat mengganggu karena memicu rasa gatal. Keberadaan kutu di rambut harus segera diatasi, jika tidak parasit itu akan bertelur dan berdampak pada rasa gatal yang makin parah. Simak cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari.

Mengatasi serangga kutu di rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni tradisional manual atau menggunakan obat. Penanganan dilakukan dengan mempertimbangkan seberapa banyak parasit tersebut di kepala.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dalam 1 Hari

Beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Disarankan untuk melakukannya tidak sendiri agar lebih rata dan maksimal.

  1. Pakai Sisir Kutu

Sisir kutu berbeda dengan sisir biasa karena kerenggangan sisir lebih rapat sehingga dapat menjaring kutu dan telurnya yang menempel di batang rambut dengan lebih mudah. Cara pakai sisir kutu adalah sebagai berikut.

  • Usahakan rambut dalam keadaan lembab
  • Lakukan penyisiran di area yang sering gatal
  • Disarankan untuk meminta bantuan orang lain agar proses penyisiran lebih mudah sehingga penghilangan kutu bisa maksimal.
  1. Cukur Rambut Sampai Gundul

Cara ini cukup ekstrem namun bisa sangat efektif membersihkan kutu dari rambut. Seperti diketahui, serangga parasit di kepala sulit terdeteksi karena bersembunyi di antara batang-batang rambut. Ukurannya yang kecil juga membuatnya sulit terdeteksi.

Untuk menghilangkan secara keseluruhan disarankan untuk mencukur habis rambut di kepala. Kutu dan telur yang menempel di rambut akan terbuang. Setelah habis tercukur jangan lupa untuk melakukan perawatan rambut dengan vitamin dan menjaga kebersihan. Meski efektif, sayangnya tidak semua orang bisa menempuh cara ini.

  1. Keramas dengan Ramuan Tradisional

Ada banyak ramuan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu. Beberapa ramuan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Minyak kelapa
  • Campuran cuka dan garam
  • Minyak esensial
  • Campuran kayu putih dan jeruk nipis
  • Minyak zaitun

Ramuan di atas bisa ditemukan dengan mudah di dapur atau di apotek. Cara pakainya juga sangat mudah, cukup keramas dengan salah satu bahan di atas lalu diamkan sesaat. Jika dirasa sudah bersih bilas dengan air. Disarankan untuk keramas sesering mungkin agar kutu benar-benar hilang.

  1. Pakai Obat Kutu

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan obat kutu. Biasanya obat ini berbentuk losion atau spray. Anda bisa memilih salah satu sesuai selera. Cara beli obat kutu juga sangat mudah, Anda bisa langsung ke apotek terdekat karena dijual bebas.

Untuk mendapatkan obat kutu yang sesuai dengan Anda, tanyakan kepada apoteker. Hindari penggunaan obat kutu secara sembarangan.

Disarankan untuk tidak malas mencuci sisir rambut agar kutu tidak kembali dan mengganggu kesehatan rambut.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.