Chery Umumkan Penjualan Omoda 5 di Italia dan Fokus Perluas Pasar di Eropa

JAKARTA - Chery resmi memperluas pasarnya di Eropa, tepatnya di Italia dengan umumkan penjualan Omoda 5. Tidak hanya itu, pabrikan dari China ini juga mempertimbangkan untuk ekspansi kapasitas produksi dan penjualan di benua biru.

Dilansir dari Reuters, Senin, 8 Juli, Omoda 5 tersebut dijual dengan harga mulai dari 27.900 euro (Rp490,7 jutaan) dan disebut Chery terus berkembang di wilayah regional ini dan akan memasuki lebih dari 60 pasar terbaru secara global dalam tiga tahun ke depan.

Meskipun harus dihadapkan dengan tantangan tarif EV China yang ditentukan oleh Uni Eropa (UE), ini tidak menghentikan Chery untuk berekspansi. Perlu diketahui, EV dari Chery telah ditetapkan dikenakan bea tambahan sebesar 20,8 persen oleh UE.

Sementara di satu sisi, akibat ketegangan perdagangan dengan UE meningkat, membawa kapasitas produksi ke Eropa akan membantu Chery meningkatkan penjualan serta mengimbangi dampak dari tarif di Eropa.

Di Italia, Omoda 5 versi EV akan mulai tersedia pada bulan September. Kemudian, akhir tahun ini Chery juga akan menawarkan SUV Jaecoo 7 yang lebih besar di Italia dalam versi bensin dan kemudian plug-in hybrid.

Pada akhir tahun 2025, Chery merencanakan tiga model SUV masing-masing untuk merek Omoda dan Jaecoo dengan campuran jenis bahan bakar untuk melayani berbagai wilayah Eropa.

Sebelumnya pada April lalu, pabrikan berbasis di Wuhu, China mengumumkan akuisisi pabrik bekas Nissan di Barcelona, Spanyol sebagai fasilitas perakitan pertamanya di Eropa. Ini merupakan hasil usaha patungan bersama perusahaan lokal, EV Motors.

Pabrikan mengatakan bahwa pabrik tersebut akan menjadi salah satu pusat ekspor bagi seluruh dunia dengan memproduksi 150.000 unit kendaraan per tahun pada 2029 mendatang.

Dalam pembangunan pabrik ini, Chery bersama EV Motors menginvestasikan sebanyak 400 juta euro dan akan mempekerjakan hingga 1.250 tenaga kerja. Perusahaan dari China ini berencana memulai produksinya pada akhir musim panas mendatang dan akan berinisiatif mempekerjakan sebanyak 150 mantan tenaga kerja Nissan.

Fasilitas ini sebagian akan diserahkan kepada pembuat sepeda motor listrik Spanyol Silence dan grup lokal QEV dan EV Motors, yang berencana mengubahnya menjadi pusat kendaraan listrik.

EV Motors sendiri telah mengakuisisi kendali penuh perusahaan atas hub tersebut pada bulan Maret, dan telah memainkan peran penting dalam pembicaraan dengan Chery.

Pabrikan dari negeri tirai bambu ini berencana untuk merakit model bermerek Omoda di Spanyol, seperti Omoda 5 dan Jaecoo 7 di negeri matador.