Copa America 2024: Argentina vs Kanada, Tak Ada Jalan buat Kejutan

JAKARTA – Argentina vs Kanada membuka semifinal Copa America 2024. Ini adalah bentrok kedua mereka di turnamen ini setelah sebelumnya terjadi pada fase grup.

Pertarungan juara bertahan Argentina melawan The Canucks ini akan berlangsung di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, pada Rabu, 10 Juli 2024, pukul 08.00 WIB.

Argentina dan Kanada sama-sama menghuni Grup A ketika masih di fase penyisihan. La Albiceleste menang dua gol tanpa balas saat itu, yang merupakan laga pertama dari turnamen ini.

Kedua tim kemudian sama-sama harus adu penalti dengan lawan-lawan mereka untuk mencapai semifinal. La Albiceleste mengalahkan Ekuador, sementara Kanada menghentikan Venezuela.

Laga ini adalah semifinal kelima secara beruntun Argentina di Copa America. Kemenangan di semifinal ini akan menandai pertama kalinya mereka mencapai final Copa America sebagai juara bertahan sejak 1959.

Saat itu dua edisi Copa America berlangsung pada tahun yang sama. Mereka menjuarai edisi perdana dan kemudian finis sebagai runner-up pada pada edisi berikutnya usai dihajar Uruguay di laga pemungkas.

Tim asuhan Lionel Scaloni ini hanya kebobolan satu kali pada Copa America 2024. Namun, mereka belum pernah mencatatkan clean-sheet di semifinal Copa America sejak berlangsung di Amerika Serikat pada 2016 ketika mengalahkan tuan rumah 4-0.

Argentina belum pernah kalah dalam waktu normal pada turnamen besar di Amerika Serikat sejak Rumania mengalahkan mereka 2-3 di babak 16 besar Piala Dunia 1994.

Jadi, La Seleccion otomatis akan memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 10 pertandingan di semua ajang jika menang. Pada periode itu mereka juga hanya kebobolan tiga gol.

Sementara itu, The Canucks berkembang pesat dengan hanya kebobolan satu kali dalam tiga pertandingan terakhir mereka sejak kalah melawan Argentina di partai pertama grup.

Tim asuhan Jesse Marsch adalah tim Concacaf ketiga yang lolos ke semifinal Copa America dalam penampilan debut mereka setelah Honduras dan Meksiko. Selain

Selain itu, mereka juga tim pertama Concacaf yang berhasil melaju sejauh ini sejak Amerika Serikat pada 2016.

Pertandingan ini akan adalah yang kelima kalinya bagi Kanada untuk mencapai semifinal turnamen kontinental pada abad ini. Dari jumlah itu, mereka tercatat hanya pernah melaju lebih jauh dalam dua kesempatan.

Belum pernah ada tim Concacaf yang melaju ke final sejak Copa America 2001 ketika Meksiko kalah melawan Kolombia dan menjadi runner-up turnamen.

Kekalahan 0-2 melawan Argentina di pertandingan pembuka Copa America 2024 adalah satu-satunya kekalahan Kanada dari tim Conmebol di turnamen kontinental pada abad ini.

Namun, tampaknya kejutan Kanada bakal berhenti. Mereka tidak pernah punya catatan apik ketika berjumpa Argentina.

Menurut 11v11, Kanada kalah tanpa mencetak gol dalam satu pertemuan terbaru kontra Tim Tango. Pada 2010, The Canucks takluk 0-5 di laga persahabatan.

Prakiraan Formasi

Argentina (4-4-2): Martinez; Molina, Romero, Lisandro Martinez, Tagliafico; Rodrigo De Paul, Mac Allister, Lo Celso, Gonzalez; Messi, Lautaro Martinez

Kanada (4-2-3-1): Crepeau; Johnston, Bombito, Cornelius, Davies; Osorio, Eustaquio; Laryea, David, Shaffelburg; Larin