BMW Uji Coba Mobil Coupe Terbaru, Penerus M1 atau i8?

JAKARTA - BMW bakal menghadirkan mobil coupe futuristik terbaru yang dibuktikan dengan tangkapan kamera mata-mata memperlihatkan sebuah model berdesain eksotis tengah diuji coba berbalut kamuflase.

Melansir Autocar, Senin, 8 Juli, mobil tersebut terlihat menyerupai model i8 yang telah disuntik mati pada 2020 lalu. Dilaporkan bahwa ini merupakan salah satu model yang akan mengusung bahasa desain Neue Klasse lebih modern.

Desain mobil ini sangat mencolok dan memiliki perpaduan antara M1 dengan i8 terdahulu. Fascia depannya terinspirasi dari konsep Neue Klasse dengan lampu depan ramping dan grill ginjal lebih kecil.

Bagian depannya cenderung lebih rendah yang merupakan sebuah ciri khas dari coupe. Profil sampingnya terlihat lebih radikal dengan bagian atap atas memanjang dan pintu belakang diposisikan jauh di atas standar coupe.

Sorotan lainnya pada mobil ini adalah tidak hadirnya pegangan pintu dan menampilkan panel kecil yang peka pada sentuhan di pilar B. Konsep ini juga memiliki bilah lampu LED dan diffuser belakang sekaligus menandakan model tersebut merupakan mobil sport.

Kemungkinan mobil ini akan ditenagai oleh empat motor listrik. Ini diperkuat dengan tidak hadirnya komponen kaliper rem. Ini juga sejalan dengan pengadopsian taktik kendaraan listrik BMW yang telah ada, seperti i4 memiliki penggerak listrik di semua gandarnya.

Detail tentang baterai prototipe ini tidak diketahui, dan tidak pasti apakah baterai tersebut dipasang di lantai seperti kebanyakan EV atau diposisikan di bagian belakang.

BMW telah mengungkapkan bahwa enam model bakal meluncur dengan pengadopsian desain Neue Klasse pada tahun 2027 mendatang. Kemungkinan model yang tengah diuji coba ini merupakan salah satunya.

Sebelumnya, pabrikan telah menginvestasikan sebanyak 16,1 juta dolar AS ke Deepdrive, spesialis motor listrik yang berbasis di Garching, Jerman.

Deepdrive mengklaim unit penggeraknya, baik dalam roda maupun ‘penggerak pusat’ konvensional dapat lebih hemat biaya dan energi dibandingkan yang ada di pasaran saat ini, dengan kepadatan torsi yang lebih besar.

Dalam beberapa waktu terakhir, BMW diberitakan tengah mengembangkan model EV berperforma tinggi pertamanya. Kemungkinan model tersebut akan berbasis dari konsep Neue Klasse dan akan memasuki masa produksi dalam beberapa tahun ke depan.

Di atas kertas, mobil tersebut akan memiliki tenaga dahsyat hingga 1.341 dk berkat quad-motor yang tertanam di dalamnya. Pabrikan asal Jerman tersebut sedang mengupayakan untuk menghadirkan versi motor listrik ganda untuk para penikmat penggerak roda belakang.