Google Bereksperimen Membawa Fuchsia OS ke Perangkat Android

JAKARTA - Google sedang mengembangkan “microfuchsia,” versi ringan dari sistem operasi Fuchsia yang saat ini dijalankan pada Google Nest Hub. Microfuchsia dirancang untuk berjalan di mesin virtual, dan Google tampaknya sedang bereksperimen dengan menjalankannya pada perangkat Android.

Fuchsia OS adalah sistem operasi open-source seperti Android dan Chrome OS. Namun, berbeda dengan kedua sistem operasi tersebut, Fuchsia tidak dibangun di atas kernel Linux. Fuchsia menggunakan Zircon, yang menurut Google “terdiri dari kernel dan serangkaian kecil layanan pengguna, driver, dan pustaka yang diperlukan untuk fungsi inti sistem seperti booting.”

Arsitektur “mirip mikrokernel” dari Zircon memungkinkan Fuchsia untuk “mengurangi jumlah kode tepercaya yang berjalan di sistem” hanya pada beberapa fungsi inti, yang dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas karena pengurangan jumlah kode dengan hak istimewa tinggi dibandingkan dengan kernel “monolitik” biasa.

Rumor dari pertengahan 2018 menyebutkan bahwa Google memiliki rencana ambisius untuk mengirimkan Fuchsia OS pada smartphone, PC, dan perangkat rumah pintar. Meskipun tujuan tersebut masih tampak sangat jauh (jika tidak dibatalkan sama sekali), Google berhasil meluncurkan sistem operasi ini pada perangkat rumah pintar, dimulai dengan Nest Hub generasi pertama pada tahun 2021.

Tim kemudian berhasil memperbarui Nest Hub Max yang lebih besar dan Nest Hub generasi kedua ke Fuchsia OS, menjadikannya perangkat kedua dan ketiga yang menjalankan sistem operasi ini.

Untuk mengembangkan Fuchsia lebih jauh dari perangkat rumah pintar, Google telah bekerja pada proyek seperti Starnix untuk menjalankan binari Linux yang tidak dimodifikasi pada perangkat Fuchsia. Selain itu, sejak akhir April tahun ini, Google telah bekerja pada proyek baru bernama “microfuchsia” yang bertujuan membuat Fuchsia dapat di-boot pada perangkat yang ada melalui virtualisasi. Microfuchsia, menurut Google, adalah build Fuchsia OS yang menargetkan mesin virtual dan dirancang untuk dapat di-boot dalam solusi virtualisasi seperti QEMU dan pKVM.

pKVM adalah hypervisor untuk Android Virtualization Framework (AVF), fitur yang diperkenalkan Google di Android 13 pada perangkat tertentu. Google mengembangkan AVF dan pKVM untuk menjalankan jenis pekerjaan tertentu di lingkungan yang terisolasi dengan aman. Untuk mengeksekusi pekerjaan ini, Google menciptakan versi Android OS yang sangat dikurangi yang disebut “microdroid” yang hanya berisi layanan inti Android, alat, dan pustaka minimum.

Meskipun belum dikonfirmasi, mungkin saja Google bermaksud untuk microfuchsia digunakan dengan cara yang sama seperti microdroid. Dengan kata lain, Google mungkin bermaksud untuk microfuchsia menangani tugas-tugas yang perlu dieksekusi dengan aman oleh sistem operasi host, dalam hal ini Android. Microdroid sudah berfungsi untuk tujuan ini, tetapi mungkin microfuchsia akan melakukannya lebih cepat atau lebih aman (atau keduanya).

Patch baru-baru ini diajukan ke Proyek Open Source Android (AOSP) yang menyiapkan dasar untuk file APEX baru yang akan berisi microfuchsia. APEX adalah format file yang digunakan oleh Project Mainline untuk mengemas komponen sistem, dan file APEX adalah yang memuat semua binari terkait AVF pada perangkat Android yang didukung. Meskipun file com.android.microfuchsia APEX belum tersedia, referensi tentang keberadaannya di AOSP dan kode yang ditemukan di Fuchsia Gerrit sangat menarik.

Saat ini, masih belum jelas apa rencana Google dengan microfuchsia, tetapi perkembangan ini akan terus dipantau untuk melihat apakah proyek ini benar-benar akan dijalankan.