Euro 2024, Ungkapan Gareth Southgate Usai Timnas Inggris Lolos ke Semifinal

JAKARTA - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate jelas gembira dengan hasil yang membawa timnya lolos ke babak semifinal Euro 2024. Sang pelatih tak segan memuji anak asuhnya yang mampu bangkit meski sempat tertinggal.

Inggris menghadapi Swiss di babak perempat final pada Sabtu, 6 Juli malam WIB. Dalam laga itu The Three Lions akhirnya menang lewat adu penalti atas Swiss 5-3.

Sebelumnya saat kedudukan bertahan 1-1, Swiss justru unggul lebih dulu lewat Breel Embolo pada menit ke-75. Kemudian Bukayo Saka mampu membawa Inggris menyamakan skor 1-1 pada menit ke-81.

“Saya pikir para pemain brilian. Ini adalah permainan terbaik yang kami miliki. Kami menyebabkan banyak masalah dengan bola kepada mereka (Swiss),” ujar Southgate pasca laga.

"Mereka (Swiss) adalah tim yang sangat bagus, mereka sulit untuk ditekan, sulit untuk dilawan, pergerakan mereka bagus. Untuk bangkit dari ketertinggalan lagi, dan menunjukkan karakter dan ketahanan yang kami tunjukkan; adalah sebuah perjuangan lainnya,” lanjut sang pelatih.

Sejak fase grup, penampilan Inggris di Euro 2024 banyak dikritik karena tidak menjanjikan dan tidak menggambarkan sebagai tim kandidat juara. Namun pada laga malam tadi Southgate mengakui bahwa timnya bisa membuktikan diri.

Selain itu, pelatih berusia 53 tahun ini juga mengungkapkan bagaimana skuadnya sekarang lebih banyak diisi pemain yang mampu menjadi penendang penalti ketika dibutuhkan.

“Kami menjalani proses yang bagus dan sekarang kami telah menang tiga kali. Kami 'disalahkan' karena kekalahan kami (di final Euro 2020). Kami memiliki lebih banyak pengambil penalti reguler di skuad ini dan lebih banyak pilihan penendang dalam adu penalti,” jelasnya.

“Namun, mereka harus menunjukkan ketenangan mereka dan melakukannya (tendangan penalti). Lalu ada penjaga gawang (Pickford) yang akan selalu melakukan satu penyelamatan dan itu memberi kami peluang,” tambah Southgate.

Kemenangan lewat adu penalti atas Swiss ini sekaligus mengakhiri kutukan Inggris dalam adu penalti di ajang Euro selama 28 tahun. Terakhir kali Inggris memenangkan laga di Euro dengan adu penalti terjadi pada Euro 1996.