Google Akan Mulai Produksi Pixel di India pada September

JAKARTA – Google akan memproduksi ponsel Pixel di India dalam waktu dekat. Perusahaan itu juga akan mengekspor perangkat yang dibuat di India ke berbagai negara di Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS).

Anak Alphabet itu pertama kali mengungkapkan rencana untuk memproduksi perangkat di India pada Oktober tahun lalu. Google mengatakan bahwa India merupakan pasar prioritas dari ponsel Pixel.

Pasalnya, negara ini terus berkembang hingga menjadi pusat manufaktur untuk perangkat keras. Google juga mengungkapkan bahwa mereka akan bermitra dengan produsen internasional dan domestik untuk memproduksi ponsel Pixel di India.

Sepertinya, rencana ini akan segera terealisasi. Pada Mei lalu, terungkap bahwa Google telah memilih tempat untuk memproduksi perangkat Pixel. Kini, Money Control melaporkan bahwa Google akan menguji coba produksi pertama dari ponsel Pixel.

Perusahaan itu akan bekerja sama dengan Dixon Technologies, produsen elektronik yang berpusat di India, dalam meluncurkan Pixel 9. Sementara itu, Pixel 9 Pro akan diproduksi oleh Foxconn melalui pabrik produsen lainnya di negara tersebut.

Google juga dilaporkan akan mengekspor sebagian besar perangkat yang diproduksi di India ke UE dan AS. Mereka sengaja tidak memasarkan sebagian besar perangkat di India karena angka penjualan perangkat Pixel di negara tersebut masih sangat rendah.

Kabarnya, produksi seri Pixel 9 di India akan dimulai pada September mendatang, sebulan setelah perangkat tersebut diluncurkan. Hingga saat ini, belum ada bocoran mengenai perangkat lain yang akan diproduksi di India.