SUNI Menangkan Dua Tender Pertamina EP Senilai 5,4 Juta Dolar AS

JAKARTA - PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) berhasil memenangkan tender dari PT Pertamina EP dengan nilai sebesar 3,79 juta dolar AS untuk pengadaan casing low grade 7 inch dan pengadaan casing low grade (TFC Tahap II) dengan nilai sebesar 1,61 juta dolar AS.

SUNI ditetapkan sebagai pemenang pada tanggal 26 Juni 2024, sedang tender yang kedua pada tanggal 03 Juli 2024. Transaksi ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap kinerja operasional dan keuangan Perseroan pada tahun 2024 dan 2025. Transaksi ini secara langsung akan meningkatkan pendapatan usaha SUNI dari segmen penjualan.

Hingga bulan Juni 2024, SUNI berhasil menjual 10,1 ribu ton OCTG tubing, atau meningkat secara signifikan sebesar 65,1 persen yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pencapaian volume penjualan OCTG tubing mencapai 50,3 persen target tahun 2024.

Volume penjualan OCTG casing juga meningkat sebesar 418 kali hingga Juni 2024 menjadi 5,5 ribu ton dan mencapai target tahun 2024 sebesar 62,5 persen. Sedangkan, penjualan Wellhead & X’mas Tree yaitu peralatan yang terpasang di atas sumur migas ketika fase produksi mencapai 27 unit hingga Juni 2024, atau bertambah 10 unit dari bulan sebelumnya dan mencapai 27,6 persen target 2024.

Direktur Utama SUNI, Willy Johan Chandra menyatakan keberhasilan SUNI untuk memenangkan tender-tender yang signifikan seperti ini akan mendukung Perseroan untuk memperoleh dan meningkatkan pendapatan usaha serta dapat memberikan kontribusi positif ke laba usaha.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan volume penjualan OCTG tubing, casing, wellhead serta christmas tree untuk memenuhi kebutuhan eksplorasi dan eksploitasi migas ke depannya. Peluang SUNI masih sangat besar karena Indonesia menjadi captive market untuk produk seamless pipes/OCTG tubing dan memberikan peluang bagi kami untuk menjamin keberlangsungan usaha ke depannya," ujar Willy, Jumat 5 Juli.

Direktur Keuangan PT Sunindo Pratama Tbk, Freddy Soejandy juga menyampaikan bahwa kinerja operasional tahun ini telah sejalan dengan rencana dan target Perseroan.

Dikatakan Freddy, perseroan optimistis bahwa kinerja operasional SUNI dapat mencapai target 2024 yang ditetapkan oleh Perseroan.

"Kinerja operasional yang sangat baik ini mendukung SUNI untuk mencapai pertumbuhan kinerja keuangan berkelanjutan pada tahun 2024. OCTG tubing dan casing merupakan indikator yang biasanya memberikan kontribusi terbesar pada kinerja keuangan SUNI. Selain penjualan OCTG tubing dan casing, volume penjualan wellhead juga memiliki kontribusi untuk meningkatkan kinerja SUNI. Semua kinerja operasional ini akan mendukung pencapaian kinerja keuangan SUNI dari segmen penjualan," pungkas Freddy.