Copa America 2024: Kolombia vs Panama, Los Cafeteros Punya Catatan Mentereng

JAKARTA - Babak perempat final Copa America 2024 akan menghadirkan laga sengit antara Kolombia vs Panama. Laga tersebut akan digelar di State Farm Stadium, Minggu, 7 Juli 2024, pukul 05.00 WIB.

Pada laga ini Kolombia menjadi tim yang difavoritkan menang dan melaju ke semifinal. Hal ini tak lepas dari performa Los Cafeteros yang tampil impresif di fase grup. Mereka mengalahkan Paraguay dan Kosta Rika, lalu berbagi satu poin dengan Brasil.

Kolombia menjadi tim yang belum mencatatkan kekalahan dalam tiga laga Copa America 2024 dan berhasil menahan imbang Brasil 1-1. Situasi ini membuat Los Cafeteros mendapat suntikan semangat untuk menuai hasil baik.

Menghadapi Panama, Kolombia akan kehilangan gelandang berpengalaman mereka, Jefferson Lerma. Sang pemain dilarang tampil karena hukuman. Namun, hal itu tak menciutkan nyali Kolombia karena mereka masih memiliki Jorge Carrascal.

Kubu Panama akan menjajaki babak perempat final dengan modal tak kalah apik. Los Canaleros melangkah dengan percaya diri setelah mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat dan Bolivia di Grup C dan hanya menelan satu kekalahan dari Uruguay.

Meski pada laga terakhirnya Panama kehilangan poin, kekuatan tim masih patut diperhitungkan karena skuad diisi sejumlah pemain kelas atas.

Tidak ada kekhawatiran cedera yang menghantui tim asuhan Thomas Christiansen. Hanya Adalberto Carrasquilla yang terpaksa absen karena skorsing.

Dengan modal masing-masing yang sama kuat, baik Kolombia dan Panama menunjukkan bahwa mereka siap bersaing demi tempat di semifinal.

Panama telah mencetak gol ke gawang setiap tim yang mereka hadapi di babak grup dengan rekor enam gol dalam tiga pertandingan. Karena itu, Panama kemungkinan besar akan mencetak gol melawan Kolombia di perempat final Copa America 2024.

Meski menjadi kuda hitam, menang lawan Kolombia bukan perkara mudah. Los Canaleros punya rekor buruk ketika berhadapan Los Cafeteros.

Panama cuma menang empat kali dan kalah 10 kali menghadapi Kolombia di semua ajang.