5 Tanda Makanan yang Dimakan Mengandung Gizi Baik

YOGYAKARTA – Nutrisi atau gizi adalah aspek penting yang perlu didapat dalam gaya hidup yang sehat. Gizi yang baik dalam makanan, tentu memberikan manfaat positif. Termasuk membantu manajemen berat badan dan tentu saja mendukung kesehatan fisik maupun mental. Lantas, apa indikator atau tanda makanan yang dimakan mengandung gizi baik? Ini daftarnya.

1. Komposisi tubuh seimbang

Rencana makan makanan yang mengandung nutrisi seimbang, berdampak positif pada komposisi tubuh. Ini tentu harus dipahami, makanan yang variatif dan pilihan, akan mendukung kesehatan fisik dalam hubungannya dengan tingkat lemak tubuh.

Pada pria, tingkat lemak tubuh ideal antara 18-24 persen dan wanita 25-31 persen. Artinya, selain menjaga pola makan, makan sesuai porsi, harus juga diikuti dengan olahraga. Kenapa olahraga, karena aktivitas fisik mendukung kesehatan metabolisme melalui sejumlah cara. Seperti meningkatkan fungsi hormon yang sehat, sensitivitas insulin, dan pemulihan fisik.

Ilustrasi tanda makanan yang dimakan mengandung gizi baik (Freepik)

2. Kadar kolesterol dan tekanan darah sehat

Tingkat kolesterol dalam makanan tidak memiliki pengaruh besar terdapat kolesterol darah. Sebab tingkat kolesterol dalam darah bisa dipengaruhi seluruh aktivita, meski makan juga termasuk salah satunya. Apa yang dimakan, penting dipertimbangkan. Selain mencari referensi makanan apa yang mengandung gizi sesuai kebutuhan tubuh. Penting juga mengurangi konsumsi natrium atau garam yang kalau dikonsumsi kebanyakan memicu peningkatan tekanan darah.

3. Kulit dan rambut sehat

Mengonsumsi makanan bergizi, tentu tidak bisa terlihat secara langsung. Tetapi bisa dikenali lewat tanda-tanda yang dirasakan tubuh. Salah satunya, kondisi kulit dan rambut sehat jika Anda mengonsumsi cukup makanan bergizi sehari-hari. Penting diketahui, rambut rontok tanpa sebab yang jelas seringkali merupakan tanda malnutrisi. Kulit juga terlihat segar dan lembap saat makanan yang Anda konsumsi mengandung gizi baik.

4. Tingkat energi dan tidur

Mendapatkan jumlah nutrisi dan kalori yang tepat, akan membantu Anda tetap berenergi karena kemampuannya untuk mendorong tidur nyenyak. Jika Anda merasa lesu dan tak bersemangat, bisa jadi tanda kekurangan kalori atau nutrisi. Ini juga membuat tubuh masuk dalam “mode kelaparan” sehingga menghambat aktivitas.

5. Buang air besar secara teratur

Pergerakan usus dalam sistem pencernaan mencerminkan apakah Anda mengonsumsi cukup serat atau tidak. Saat mengalami sembelit, perbanyaklah makan buah dan sayuran untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Meskipun kelima tanda Anda sudah makan makanan bergizi di atas, melansir Hungrycrab, Jumat, 5 Juli, tetap perlu mengecek kesehatan rutin ke dokter. Sebab medical checkup penting dilakukan untuk meningkatkan peluang keberhasilan menjaga kesehatan dalam kurun waktu yang berkelanjutan.