Bagikan:

YOGYAKARTA - Agar bisa memperoleh tubuh yang kuat dan sehat kita memerlukan gizi yang seimbang. Nah, kira-kira apa itu gizi seimbang? Yuk kita bahas di sini!

Apa Itu Gizi Seimbang?

Pasalnya, gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi di dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan yang ideal secara teratur.

Gizi seimbang adalah apabila asupan makan mencukupi secara kuantitas, kualitas dan mengandung berbagai macam zat gizi yang diperlukan tubuh. Tujuannya supaya kesehatan badan dapat terjaga, pertumbuhan sempurna pada anak-anak, zat gizi tersimpan, serta aktifitas dan fungsi sehari-hari berjalan secara maksimal.

Mengenal Sepuluh Pesan Gizi Seimbang

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terdapat 10 pedoman gizi seimbang yang butuh kita pahami, yakni:

I. Biasakan Sarapan Pagi

Para pakar kesehatan berkata kalau serapan pagi merupakan waktu makan paling penting dalam satu hari. Apalagi makan pagi dengan menu yang sehat terbukti berguna buat menambah tenaga, membuat badan ideal, tingkatkan konsentrasi serta mencegah penyakit.

II. Biasakan Minum Air Putih yang Cukup Serta Aman

Biasanya, kita direkomendasikan buat minum air putih 8-10 gelas sehari. Ini bakal menolong fungsi ginjal serta mengubah cairan tubuh yang hilang serta melindungi badan buat terus berperan sebagaimana semestinya.

III. Banyak Makan Buah serta Sayur

Sayur serta buah ialah 2 perihal yang tidak dapat terpisahkan. Keduanya memiliki vitamin serta mineral, dan serat yang diperlukan badan tiap hari serta berfungsi buat menghindari bermacam-macam penyakit. Kita disarankan mengkonsumsi 2 porsi sayur serta 2-3 porsi buah tiap hari.

IV. Biasakan Mengkonsumsi Aneka Macam Makanan Pokok

Kita memerlukan tipe pangan yang bermacam-macam buat mendapatkan seluruh zat gizi yang diperlukan oleh badan, semacam sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, ikan serta yang lain.

V. Batasi Mengkonsumsi Makanan Manis, Asin serta Berlemak

Bermacam asupan tersebut bisa tingkatkan resiko penyakit tertentu bila disantap secara berlebihan. Oleh karena itu, Kementrian Kesehatan RI menyarankan buat mengkonsumsi tidak lebih dari 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam, serta 5 sendok makan minyak perhari.

VI. Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir

Cuci tangan secara tertib terutama sebelum makan, jadi salah satu upaya dalam menghindari masuknya mikroorganisme ke dalam badan yang dapat menimbulkan penyakit. Mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir merupakan metode terbaik buat menghentikan penyebaran kuman pemicu penyakit peradangan.

VII. Biasakan Membaca Label Pada Kemasan Makanan

Penting untuk kita buat mengetahui komposisi, zat gizi, label, sertifikasi serta kadaluarsa suatu produk yang hendak disantap. Ini bakal mempermudah kita memilih asupan yang sehat, aman serta bergizi seimbang.

VIII. Syukuri serta Nikmati Aneka Ragam Makanan

Nikmati tiap makanan yang masuk ke dalam mulut dengan sepenuh hati. Dengan menikmati tiap kunyahan makanan, kita ikut mewujudkan cara makan yang terbaik yakni dikunyah perlahan serta tidak tergesa-gesa. Kita wajib bersyukur sebab hidup di negara yang kaya akan sumber makanan.

IX. Lakukan Aktifitas Fisik yang Cukup serta Pertahankan Berat Badan Ideal

Lakukanlah kegiatan fisik ringan selama 5-10 menit serta kegiatan sedang sepanjang 30 menit tiap harinya. Dengan aktivitas fisik yang cukup, berat badan kita pula bakal lebih terpelihara direntang ideal. Dengan ini, kita juga bebas dari resiko kegemukan serta bermacam-macam penyakit yang lain.

X. Biasakan Mengkonsumsi Lauk Pauk yang Memiliki Protein Tinggi

Walaupun disarankan mengkonsumsi lauk-pauk yang berprotein tinggi, tetapi kita pula wajib memilah yang termasuk dalam jenis rendah lemak. Protein dibagi jadi 2, yakni hewani (daging) serta nabati (sayur). Diantara keduanya, protein hewani yang berasal dari daging tanpa lemak serta ikan yaitu yang terbaik.

Prinsip Gizi Seimbang

Prinsip Gizi seimbang terdiri dari 4 (empat) Pilar :

  • Mengkonsumsi Makanan beragam
  • Membiasakan perilaku hidup bersih
  • Melakukan aktifitas fisik
  • Mempertahankan dan memantau berat badan (BB) normal

Supaya gizi tetap seimbang, “Begini Cara Menerapkan Pola Makan Diet yang Sehat”.

Jadi setelah mengetahui apa itu gizi seimbang, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!