Survei Sebut Ridwan Kamil Unggul di Pilkada Jabar 2024

JAKARTA - Indikator Politik Indonesia merilis survei terkait Pilkada Jawa Barat. Hasilnya, Ridwan Kamil masih menjadi unggulan dalam kontestasi tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhatadi yang merilis hasil surveinya pada hari ini, Kamis, 4 Juli. Katanya, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas yang paling tinggi.

“Dukungan pada Ridwan Kamil sebagai petahana saat ini karena mayoritas warga Jawa Barat puas atau sangat puas dengan kinerjanya. Angkanya (mencapai, red) 87,4 persen,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin kemudian menjelaskan survei dari lembaga mencuplik ada 20 persen dari 1.214 responden yang dipilih dengan metode double sampling menyebut kerja Ridwan Kamil berhasil melaksanakan tugasnya. “Kemudian pengalaman di pemerintah juga menjadi kekuatannya,” tegasnya.

“Overall Ridwan Kamil dipersepsikan sukses sebagai Gubernur Jawa Barat di periode yang lalu,” sambung Burhanuddin.

Lebih lanjut, survei ini juga mengerucutkan kandidat menjadi dua pilihan, yaitu Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi. Hasilnya, elektabilitas eks Wali Kota Bandung itu mencapai 55,1 persen .

Sementara untuk Dedi Mulyadi elektabilitasnya hanya 38 persen. “Ridwan Kamil peluangnya untuk unggul itu lebih besar di Jawa Barat ketimbang di Jakarta. Karena di Jawa Barat Kang Ridwan posisinya sebagai tanda kutip petahana yang memiliki approval rating sangat tinggi 87,4 persen,” kata Burhanuddin.

Adapun jajak pendapat ini dilakukan pada kurun waktu 20-27 Juni 2024. Sebanyak 1.214 responden dilibatkan melalui double sampling dengan medium telepon.

Margin of error survei kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.