Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahannya

YOGYAKARTA – Sholat subuh merupakan salah satu ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat Islam. Usai melaksanakan sholat subuh, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat subuh, sebab waktu tersebut termasuk salah satu waktu terbaik untuk meminta ampunan kepada Allah SWT dan juga meminta agar dilancarkan rezekinya.

Keutamaan berdoa pada waktu subuh terdapat dalam surat Ar-Rum ayat 17. Adapun bunyinya sebagai berikut:

فَسُبۡحَٰنَ ٱللَّهِ حِينَ تُمۡسُونَ وَحِينَ تُصۡبِحُونَ

Latin: Fa sub-ḥānallāhi ḥīna tumsụna wa ḥīna tuṣbiḥụn

Artinya: "Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu petang dan pagi."

Menurut Hadi Nur Taufiq dalam buku Konsep Muamalah dalam Islam, yang dimaksud dengan waktu petang adalah magrib dan isya. Sementara waktu pagi adalah waktu subuh.

Lantas, apa saja doa yang harus dibaca setelah menjalankan sholat subuh? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Doa Setelah Sholat Subuh

Thoriq Aziz Jayana dalam buku Zikir Subuh, Magrib, dan Setelah Salat 5 Waktu, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu memanjatkan doa meminta rezeki yang halal, ilmu yang bermanfaat, dan usaha yang sukses setelah melaksanakan sholat subuh.

Doa tersebut terdapat dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani. Hadist yang bersumber dari Ummu Salamah r.a ini berbunyi:

اللهم إلى اسئلك رزقا طيبا وعلما نافعا وعملاً متقبلاً

Latin: Allaahumma inni as-aluka rizqan thayyiban wa'lman naa fi'aan wa'amalan mutaqabbalaa.

Artinya: "Ya Allah, hamba mohon rezeki yang halal, ilmu yang bermanfaat, dan usaha yang sukses." (HR Thabrani).

Setelah melafalkan doa tersebut, dapat dilanjut dengan membaca doa-doa setelah berdzikir. Berikut bacaan doanya:

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

Latin: Alhamdu lillahi rabbil’aalamiin, hamdan yuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa’wzhiiI sulthaanika.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu."

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ.

 اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ 

Latin: Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut,

Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab.

Artinya: “Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, rahmat ketika hendak mati dan ampunan setelah mati. Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakratulmaut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab”.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Latin: Rabbanā lā tuzig qulụbanā ba'da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladungka raḥmah, innaka antal-wahhāb.

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia)”.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Latin: Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka”.

Demikian informasi tentang doa setelah sholat subuh. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.