Bisa Kontrol Pengaturan, Apple Akan Tambahkan Gerakan Kepala di Vision Pro

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Apple mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan gerakan kepala di pembaruan firmware AirPods Pro. Tampaknya, gerakan kepala ini juga akan ditambahkan ke dalam Vision Pro.

Berdasarkan laporan 9to5mac, Apple sedang mengajukan paten untuk sistem baru di teknologi komputer spasial mereka. Sistem ini sedang diajukan ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Dari paten yang diajukan, tercatat bahwa pengguna Vision Pro bisa mengendalikan pengaturan perangkat hanya dengan mengubah posisi kepala mereka. Misalnya, pemutaran kepala akan mengubah tingkat kecerahan di perangkat tersebut.

"Berdasarkan perubahan posisi kepala, kuantitas skalar pengaturan perangkat dan posisi indikator pada slider dapat diperbarui. Arah gerakan dapat sesuai dengan arah gerakan indikator pada slider," tulis Apple dalam paten yang mereka ajukan.

Meski tidak dijelaskan secara spesifik bahwa sistem ini dibuat untuk Vision Pro, Apple mengatakan bahwa teknologi ini akan ditambahkan ke perangkat yang dipasang di kepala. Berdasarkan deskripsi tersebut, paten ini tidak mungkin merujuk ke AirPods.

Perlu diketahui bahwa Apple sering mengajukan paten dan tidak semua teknologinya berhasil dipatenkan. Namun, jika gerakan kepala ini berhasil ditambahkan ke dalam Vision Pro, pengguna akan lebih nyaman dalam mengendalikan perangkatnya.

Gerakan kepala ini mungkin hampir sama dengan teknologi yang ada di AirPods. Setelah iOS 18 diluncurkan secara luas, beberapa perangkat yang kompatibel bisa menjawab dan menolak panggilan dengan cepat hanya dengan menggelengkan kepala.