Google Gemini Akan Bergabung dengan Apple Intelligence Musim Gugur Ini

JAKARTA - Persaingan dalam dunia AI semakin memanas, dan Apple, meskipun datang terlambat, membuat gebrakan besar bulan ini dengan memperkenalkan Apple Intelligence. Dalam acara tersebut, Apple mengonfirmasi bahwa pengguna akan memiliki opsi untuk memilih antara Siri dan ChatGPT untuk beberapa pertanyaan AI.

Bahkan ada rumor kuat bahwa Apple bisa menambahkan Google Gemini ke dalam kombinasi ini. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, integrasi ini mungkin diumumkan secepatnya pada musim gugur ini.

Gurman berspekulasi dalam buletin terbarunya bahwa Apple bisa mengumumkan kolaborasinya dengan Google secepat musim gugur ini, bersamaan dengan peluncuran resmi Apple Intelligence.

Kolaborasi ini kemungkinan akan melihat chatbot Google Gemini ditambahkan sebagai opsi untuk menangani pertanyaan AI di perangkat Apple, mirip dengan yang ditunjukkan Apple dengan ChatGPT di WWDC.

"Sehubungan dengan kesepakatan Apple dengan Google atau Anthropic, saya berharap setidaknya yang pertama diumumkan sekitar saat peluncuran Apple Intelligence musim gugur ini," tulis Gurman.

Spekulasi ini mengikuti laporan sebelumnya tentang diskusi Apple dengan berbagai penyedia AI, termasuk Google, Meta, dan Anthropic. Meskipun sempat berdiskusi dengan Meta tentang mengintegrasikan chatbot Llama miliknya, Gurman percaya Apple akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya karena kekhawatiran privasi dan preferensi untuk teknologi AI yang dianggap lebih unggul dari perusahaan lain.

Apple Intelligence, bersama dengan iOS 18, diharapkan debut dengan peluncuran seri iPhone 16 pada bulan September nanti.