Nova Arianto Buka Suara soal Kartu Merah Pemain Indonesia U-16 dalam Kekalahan vs Australia U-16

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, buka suara soal kartu merah yang didapat pemainnya saat menghadapi Australia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2024. Pada laga itu Garuda Muda pada akhirnya harus menerima kekalahan 3-5 dengan 10 pemain.

Pertandingan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Senin, 1 Juli 2024, malam WIB. Menghadapi Australia U-16, Indonesia U-16 terpaksa bermain dengan 10 orang sejak menit ke-28.

Situasi itu mesti dilalui karena Raihan Apriansyah Sudrajat mendapat kartu merah. Tampil dengan 10 pemain saat kedudukan imbang 2-2, Nova Arianto menyebut anak asuhannya jadi kesulitan mengembangkan permainan.

"Kami dapat kartu merah dan itu menjadikan jalannya pertandingan sedikit berbeda," kata Nova Arianto dalam keterangan seusai laga dikutip pada Selasa, 2 Juli 2024.

Meski sang pelatih melihat anak asuhnya kesulitan keluar dari tekanan, Nova menyebut pasukannya sudah berjuang dengan luar biasa.

"Namun, pemain saya bekerja sangat luar biasa. Bermain dengan 10 orang. Meskipun kalah, mereka terus berjuang," katanya.

Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia U-16 gagal melaju ke final Piala AFF U-16 2024. Nova pun memaknai hasil tersebut sebagai pelajaran berharga bagi timnya sebelum menatap Kualifikasi Piala Asia U-17.

Hal lain yang dipetik sang pelatih dari penampilan tersebut bahwa anak asuhannya jelas punya mentalitas yang baik dan tak mudah menyerah.