IHSG Senin Diprediksi Menguat Imbas 'Banjir' Sentimen Positif

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan hari ini, Senin 1 Juli, seiring denga banjir sentimen positif. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bergerak pada resistance 7.150, pivot 7.100, support 7.000.

Phintraco Sekuritas menambahkan, perlambatan kenaikan US Personal Core Expenditure (PCE) Price index ke 2,6 persen yoy di Mei 2024 dari 2,7 persen yoy di April 2024 menjaga ekspektasi pasar terhadap pemangkasan the Fed Rate di FOMC September 2024.

“Peluang pemangkasan masih di atas 50 persen (CME FedWatch Tools),” tulis Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menambahkan, sentimen ini positif terutama bagi negara-negara berkembang yang mengalami tekanan nilai tukar dalam beberapa waktu terakhir. Indeks-indeks Wall Street sendiri terkoreksi di perdagangan Jumat 28 Juni. Hal diatas terlihat dari penguatan lebih dari 1 persen IHSG di Jumat yang memperkuat posisi IHSG di atas level psikologis 7.000.

“Potensi penguatan lanjutan ke resistance area 7.130-7.150 masih terbuka di awal pekan,” tambah Phintraco Sekuritas.

Namun, Phintraco Sekuritas mengingatkan, waspada adanya potensi pullback jelang akhir pekan bersamaan dengan jadwal pidato Kepala the Fed, Jerome Powell pada Rabu 3 Juli. Powell diperkirakan akan menegaskan the Fed yang data dependent dalam pidato tersebut.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas mengatakan, pasar mengantisipasi data inflasi yang diperkirakan melandai ke 2,70 persen yoy di Juni 2024 dari 2,84 persen yoy di Mei 2024. Inflasi yang relatif stabil di level rendah memberikan ruang bagi BI untuk berbagai upaya stabilisasi nilai tukar Rupiah.

“Kondisi ini diharapkan dapat menjaga Rupiah di bawah Rp 16.400 per dolar AS,” papar Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan lima saham layak diperharikan untuk hari ini, di antaranya ADMR, ANTM, PTBA, UNVR, dan CTRA.