Ketum PAN Bantah Klaim PKS soal Jokowi Sodorkan Kaesang Maju Pilgub Jakarta

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsunya, Kaesang Pangarep untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membantah rumor adanya tawaran dari Jokowi tersebut. Justru menurutnya, pihaknya lah yang sempat meminta agar Kaesang maju Pilkada Jakarta namun langsung ditolak Jokowi.

“Kan pernah tanya gimana Pak Kalau Kaesang begini, jangan Pak Zul. Gimana nyuruh, orang saya tanya saja Pak Jokowi bilang jangan, jadi nggak betul yang nyuruh-nyuruh tuh,” ujar Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta, Sabtu, 29 Juni.

Zulhas lantas mempertanyakan Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi yang mengaku mendapat tawaran itu dari Jokowi. Sebab menurutnya, PKS tak pernah sekalipun bertemu Jokowi.

“Ah nggak bener. Kapan Sekjen PKS ketemu Pak Jokowi, tau dari mana dia, kapan ketemunya. Kok kayak pernah ngobrol gitu, nggak pernah. Saya ketemu nanya, hayo bener saya atau benar sana? Gitu loh,” kata Menteri Perdagangan itu.

Sebelumnya, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep untuk didukung maju Pilgub

Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan Aboe saat ditanyai soal Kaesang yang mungkin disodorkan Jokowi untuk menjadi wakil gubernur Ridwan Kamil (RK) untuk Pilkada Jakarta 2024 yang senter bakal diusung partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan (nama Kaesang). Kita lihat aja," kata Aboe ditemui usai hadir di acara Penutupan Sekolah Kepemimpinan PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni.

Menurut Aboe, cawe-cawe Jokowi dalam kontestasi politik sudah biasa terjadi. Misalnya, kata Aboe cawe-cawe Jokowi di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lalu.

"Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampai nanti, bisa. Jadi tidak ada masalah, biar aja," ungkap Aboe.

Meski begitu, Aboe tidak menjawab lebih jauh dan rinci soal kepada siapa Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta 2024. "Ke mana-mana," kata Aboe.