Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep langsung merespons pernyataan Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi yang menyebut Presiden Joko Widodo telah menyodorkan namanya untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Kaesang mengingatkan Aboe agar tidak menyebarkan berita burung ke publik.

"Pak Sekjen PKS tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik," ujar Kaesang dalam keterangannya, Jumat, 28 Juni.

Kaesang menegaskan, kewenangan mencalonkan cagub dan cawagub berada di ketua-ketua umum partai. Dia menerangkan, PSI punya 8 kursi di DPRD Jakarta sehingga wajar jika banyak parpol yang menyodorkan jagoannya ke partai yang dipimpinnya.

"PSI kan punya kursi di Jakarta, lumayan ada 8 kursi. Banyak juga partai yang menyodor-nyodorkan jagoannya agar didukung PSI," kata Kaesang.

Kaesang lantas menilai, pernyataan Sekjen PKS mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI. Dia kembali mengingatkan agar Sekjen PKS tak mengait-ngaitkan kandidat cagub dan cawagub Jakarta dengan Presiden Jokowi.

"Ya nggak apa-apa juga. Sebagai Ketua Umum saya berwenang penuh menentukan siapa yang akan dicalonkan oleh PSI. Kewenangan itu semua ada di Ketua Umum kok, jadi kita tunggu saja. jangan bawa-bawa Presiden lah, yang Ketua Umum kan saya!," tegas Kaesang.

Kaesang mengimbau agar Pilkada 2024 sebaiknya dijauhkan dari penyebaran berita bohong. Sebab sikap itu akan merugikan masyarakat.

"Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masyarakat kita sudah cerdas," tutup Kaesang.

Sebelumnya, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah menyodorkan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk mengamankan kursi di Pilkada DKI Jakarta.

Aboe menuturkan, tawaran untuk mengusung Kaesang tidak hanya diberikan kepada satu partai, tapi ada beberapa partai.

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan (Kaesang ke beberapa partai). Sudah menyodorkan, kita lihat saja," kata Aboe Bakar di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni.

Namun, Aboe tidak menjelaskan lebih lanjut partai mana saja yang sudah menyodorkan nama Kaesang.