Dapat SK Rekomendasi dari PAN, Ahmad Ali Tegaskan Tetap Maju Pilgub Sulteng Meski Tanpa Dukungan NasDem

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali menerima surat keputusan (SK) rekomendasi sebagai calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ali akan berpasangan dengan Ketua DPRD Sulteng dari Fraksi Gerindra, Abdul Karim Aljufri.

"Ya alhamdulillah hari ini Saya diberikan surat keputusan oleh DPP PAN untuk menjadi calon Gubernur Sulawesi Tengah. Saya sangat berterima kasih, mengapresiasi penghargaan yang diberikan atau kepercayaan diberikan oleh Partai Amanat Nasional," ujar Ali di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Juni.

Ali mengatakan, SK dukungan dari PAN bersifat final. Sehingga dipastikan Ali menjadi bakal cagub Sulteng 2024. Sejauh ini Ali, sudah mendapat dukungan resmi dari Partai Gerindra, PKB dan PPP.

"Dengan adanya rekomendasi dari Partai Amanat Nasional ini maka menggenapkan semua partai politik untuk memastikan bahwa saya memenuhi syarat untuk maju menuju calon Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah," kata Ali.

Soal Partai NasDem yang belum memberikan SK dukungan, Ali mengakui belum menerima perintah dari Ketua Umum Surya Paloh. Namun, kata dia, niat ingin maju Pilgub Sulteng sudah diutarakan sejak 2020 lalu. Hanya saja, Ali mengatakan dirinya masih dibutuhkan untuk mengurus partai.

"Sampai hari ini Partai NasDem belum mengeluarkan rekomendasi untuk calon, masih sementara berdiskusi karena mungkin partai memiliki pertimbangan lain bahwa apakah karena saya masih dibutuhkan menjadi anggota di tahun 2020 kemarin, jadi ketika ingin maju sebagai calon gubernur oleh partai NasDem, oleh ketua umum meminta saya tetap berada di partai," ungkapnya.

"Secara keseluruhan dengan dukungan dan koalisi beberapa partai yang sudah menyatakan dukungannya dan memberikan rekomendasi secara tertulis, maka secara resmi saya sudah memenuhi syarat untuk maju menjadi calon gubernur," tambah Ali.

Ali menegaskan dirinya bakal tetap maju di Pilgub Sulteng 2024 dengan atau tanpa surat rekomendasi dari partainya.

"Walaupun tanpa dukungan NasDem, saya akan maju sebagai calon gubernur," tegasnya.

Diketahui, Partai Amanat Nasional (PAN) resmi menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi dukungan ke delapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2024.

SK dukungan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Juni.

Adapun 8 Paslon yang didukung PAN pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2024 yakni, pasangan Murad ismail-Michael Wattimena untuk Pilgub Maluku, pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri untuk Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng).

Lalu, pasangan Helmi Hasan- Mian di Pilgub Bengkulu dan pasangan Muhidin-Hasnuryadi Sulaiman dil Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kemudian, cagub Meki Nawipa di Pilgub Papua Tengah, cagub Supian Hadi di Pilgub Kalimantan Tengah, cagub Epyardi Asda di Pilgub Sumatera Barat, dan pasangan Haris - Abdullah Sani di Pilgub Jambi.