BYD Resmi Buka Masa Pre-order Sedan Mewah Yangwang U7, Intip Keunggulannya

JAKARTA - Pada awal tahun BYD ungkap kemunculan sedan Yangwang U7. Kini, pabrikan dari China ini telah membuka masa pra-pemesanan di paruh kedua tahun ini.

Melansir dari CarNewsChina, Jumat, 28 Juni, BYD belum ungkapkan harga resmi dari sedan mewah tersebut. Namun, diperkirakan Yangwang U7 dibanderol kisaran 1 juta yuan (Rp2,25 miliaran).

Menurut bocoran katalog dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT), sedan mewah ini memiliki dimensi lega dengan panjang 5.265 mm, lebar 1.998 mm, tinggi 1.517 mm, dengan wheelbase 3.160 mm.

Hal menarik lainnya adalah Yangwang U7 memiliki drag koefisien terendah di dunia dengan mencapai angka Cd 0,195 pada kecepatan 120 km/jam. Namun, angka ini justru sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Xpeng Mona M03 mencapai 0,194.

Mobil ini didirikan di atas platform e4, arsitektur yang sama seperti supercar Yangwang U9. Sedan tersebut juga memperkenalkan sistem suspensi DiSus-Z terbaru. Menariknya pergerakan suspensi digunakan untuk pemulihan energi untuk mengisi baterai.

BYD juga mengatakan bahwa sedan mewah ini memiliki sistem pengemudi cerdas dari TianShen. Dengan daya komputasi 508 TOPS dibutuhkan masukan dari rangkaian sensor yang terdiri dari 3 unit Lidar, radar panjang gelombang 5 milimeter, dan 13 kamera.

Sementara itu pada bagian dalamnya, mobil ini menawarkan unsur kemewahan dengan tampilan tiga layar yang membentang dasbor. Pabrikan asal China ini menawarkan dua pilihan konfigurasi, yakni empat hingga lima tempat duduk.

Berbicara soal performa, YangWang U7 memiliki empat motor listrik yang masing-masing menghasilkan tenaga 240 kW dan mengeluarkan tenaga gabungan hingga 960 kW. Dengan demikian, mobil tersebut mampu melaju hingga 270 km/jam.

Kemudian, BYD juga menawarkan dua jarak tempuh pada model ini, yakni 720 km dan 800 km. Tenaga internal dihasilkan dari paket baterai 135,5 kWh dari pemasok FinDreams. Namun, bobot baterainya memiliki bobot tinggi hingga 903 kg sehingga menghasilkan mobil ini menghasilkan secara total 3.095 kg.

Yangwang merupakan sub-brand dari BYD yang bersaing di segmen kendaraan premium. Saat ini, merek ini menjual U8 EREV sebagai mobil off-road. Tidak hanya U7, merek ini juga mempersiapkan model lainnya seperti U9 dan sebuah crossover yang belum diungkapkan namanya.