PAN Sepakat Zulkifli Hasan Jadi Ketum Secara Aklamasi di Kongres Mendatang

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan disebut bakal kembali terpilih secara aklamasi pada Kongres VI PAN mendatang.  

Hal itu disampaikan Sekjen PAN Eddy Soeparno di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juni.

Eddy mengungkapkan, seluruh kader sepakat jika Zulkifli Hasan kembali menjadi ketua umum PAN. 

"Sudah jadi konsumsi publik, sudah diberitakan bahwa agenda kongres kita alhamdulillah itu sudah sepakat menyatu bulat agenda kongresnya untuk menetapkan pak Zulkifli Hasan, Ketum, menjabat periode mendatang untuk lima tahun, dan itu adalah hasil penyaringan aspirasi seluruh kader PAN mulai dari cabang sampai dengan provinsi dan pusat," ujar Eddy.

Namun sebelum kongres, lanjut Eddy, PAN akan terlebih dulu menggelar Rakernas ke-4 di Jakarta pada Sabtu, 29 Juni 2024. Rakernas tersebut, kata dia, merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi kedua di partai yang akan membahas kegiatan-kegiatan partai ke depannya. 

"Uniknya di PAN, kita pada saat melakukan Rakernas itu banyak agenda yang dibahas. Tapi di Rakernas tertentu biasanya menjelang Rakernas ke-4 dan ke-5 agendanya tunggal. Rakernas tahun kemaren agenda tunggal kita menetapkan capres dan cawapres dari PAN. Rakernas yang akan datang, kita juga akan menentukan tanggal dan pelaksanaan kongres," jelas Eddy. 

 

Menurut Eddy, penetapan Zulhas sebagai calon tunggal ketua umum PAN merupakan bentuk dari demokrasi di internal PAN. 

"Kita mendengarkan, menyerap dan melaksanakan aspirasi dan keinginan akar rumput sampai dengan di pusat untu kemudian diputuskan melalui demokrasi yaitu kongres," kata Eddy.