Bagikan:

JAKARTA - Zulkifli Hasan (Zulhas) dipastikan bakal kembali menjadi Ketua Umum PAN yang akan dipilih secara aklamasi dalam Kongres PAN yang akan digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pada 23-24 Agustus 2024.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengungkapkan Zulhas telah menandatangani surat untuk kembali maju sebagai Ketum PAN periode 2024-2029. Proses penandatanganan tersebut dilakukan di rumah dinas Zulhas di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat, 23 Agustus.

"Bang Zulhas telah tanda tangan di atas materai dengan demikian sah sebagai calon ketum yang nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat tidak lonjong," ujar Viva Yoga kepada wartawan, Jumat, 23 Agustus.

Viva mengatakan, Zulhas telah memenuhi 2 persyaratan untuk menjadi caketum PAN periode 2024-2029, baik persyaratan umum hingga syarat khusus. Selain itu Zulhas juta telah mengantongi dukungan 38 DPW dan 514 DPD sehingga pemilihan dapat dilakukan secara aklamasi.

"Karena 38 DPW dan 514 DPD sepakat bulat, meminta agar Saudaraku Bang Zulhas menghibahkan waktu, tenaga, pikiran, untuk memimpin kami, kader-kader PAN seluruh Indonesia periode 2024-2029," kata Viva.

Sementara, Caketum Tunggal PAN periode 2024-2029, Zulkifli Hasan  mengatakan bahwa menjadi ketum adalah tugas yang berat. Khususnya, di tengah situasi politik di saat ini.

"Tentu ini tugas berat ya, satu amanah yang besar di tengah situasi partai politik yang sekarang seperti ini," kata Zulhas.

Namun meski berat, Menteri Perdagangan itu yakin dengan kerjasama maka tujuan PAN akan tercapai. Dia meminta kader PAN tetap solid.

"Tapi saya meyakini tugas berat tapi tujuan kita mulia, dan ini bisa saya yakin, haqqul yakin kalau kita bareng-bareng. Kebebasan itu kan cara untuk mencapai tujuan, jadi tujuan sebetulnya itu keadilan, kesetaraan, kemajuan," katanya.