Bagikan:

SURABAYA - DPD PDIP Jawa Timur (Jatim) menyiapkan dua nama bakal calon gubernur Jatim yang bakal melawan petahana Khofifah Indar Parawansa, yaitu Tri Rismaharini dan Abdullah Azwar Anas.

Walau begitu, Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur Budi Sulistiono mengungkapkan, dari dua nama tersebut, yang paling berpotensi untuk maju adalah Tri Rismaharini.

Sementara untuk wakilnya masih menunggu konsolidasi dengan partai lain seperti PKB, karena tidak mungkin PDIP mengusulkan nama calon beserta wakilnya dari PDIP sendiri.

Dalam hal ini, DPD PDIP Jawa Timur masih menunggu keputusan DPP PDIP serta menunggu hasil konsolidasi partai lain untuk menentukan wakil calon gubernurnya nanti.

"Ada dua nama kemungkinan yang akan di calonkan, Risma atau Azwar Anas. Paling besar peluangnya Risma. Untuk calon wakilnya dari luar PDIP, masih menunggu konsolidasi dengan partai lain," ujar Budi Sulistiyono, Kamis 22 Agustus.

Budi Sulistiyono mengaku tidak menutup kemungkinan nanti keputusan DPP PDIP bisa memilih petahana Khofifah Indar Parawansa sebagai calon kepala daerah Jawa Timur, tetapi hal itu semua masih perlu adanya rapat khusus dari tingkat DPD PDIP Jatim dan DPP PDIP.

Sementara itu pada Pemilu Legislatif DPRD Jawa Timur 2024, PDIP meraih 21 kursi. Sementara PKB meraih jumlah kursi lebih banyak dari PDIP dengan perolehan 27 kursi. PKB juga menang di delapan dapil DPRD Jawa Timur, sedangkan PDIP menang di empat dapil.