Apa Itu Long Sleeve? Jenis Kaus untuk di Rumah dan Kegiatan Santai

YOGYAKARTA - Kaus long sleeve menjadi salah satu model kaus yang bisa dipilih untuk outfit harian. Jenis kaus ini bisa menjadi opsi pakaian bagi Anda yang bosan mengenakan kaus biasa atau short sleeve. Apa itu long sleeve dan perbedaannya dengan short sleeve perlu diketahui bagi Anda yang sedang ingin membeli baju. 

Mengoleksi berbagai model kaus bisa membuat Anda tidak bosan dalam berpenampilan. Nggak hanya berpakaian untuk tampil di acara-acara formal, aktivitas santai atau casual pun juga perlu tampil atraktif. Dari berbagai jenis kaus, kaus long sleeve bisa menjadi pilihan untuk tampil santai di rumah maupun ketika keluar rumah. 

Kaus long sleeve tidak hanya nyaman dikenakan untuk aktivitas santai, namun juga memiliki kelebihan karena desain lengannya yang memanjang berbeda dari kaus biasa. Ada banyak merek atau brand fashion yang mengeluarkan produk long sleeve dan dapat Anda pilih untuk menambah pakaian di lemari. 

Apa Itu Long Sleeve?

Long sleeve adalah model kaus yang memiliki lengan panjang. Jenis kaus ini memang dibuat untuk bisa menutupi seluruh lengan, dari bahu sampai pergelangan tangan. Berbeda dengan kaus biasa yang lengannya hanya sebatas lipatan siku, long sleeve membantu melindungi kulit atau lengan keseluruhan dari paparan panas maupun angin. 

Sama seperti kaus pada umumnya, kaus long sleeve merupakan pakaian yang diperuntukkan bersifat santai. Pakaian ini bisa dijadikan opsi lain pengganti kaus biasa. Anda bisa mengenakan long sleeve untuk momen santai di rumah maupun ketika ingin melakukan kegiatan-kegiatan seru di luar rumah. 

Perbedaan Long Sleeve dan Short Sleeve

Selama ini pakaian model kaus yang dikenali oleh orang-orang adalah kaus biasa dengan potongan lengan sebatas lipatan siku atau di atasnya. Padahal jenis kaus ada beragam, termasuk kaus long sleeve. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perbedaan kaus long sleeve dan short sleeve dari segi potongan bagian lengannya. Jika potongan lengan kaus biasa hanya sampai batas siku, kaus long sleeve memiliki panjang bagian lengan hingga pergelangan tangan. Jadi kaus long sleeve menutupi lengan dari atas hingga bawah. 

Dari segi bahan, kedua jenis kaus ini biasanya memakai bahan yang sama. Sama seperti kaus biasa, bahan long sleeve umumnya bersifat ringan dan adem atau tidak panas. Kaus long sleeve ada yang berkerah bulat maupun bentuk ‘v’. Selain itu bahan kaus ini juga cenderung.

Kaus long sleeve yang dijual di pasaran pun ditawarkan dengan beragam warna. Pembeli kaus long sleeve memiliki banyak pilihan warna. Selain itu, ada kaus long sleeve yang polos dan ada juga yang bermotif. Tingga dipilih saja, mana model long sleeve yang lebih disukai atau sesuai selera. 

Jenis-Jenis Kaus

Jenis t-shirt atau kaus baju ada beragam modelnya. Kaus ini memang menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki banyak orang. Jenis kaus ini memiliki bahan yang nyaman, ringan, dan gampang dibersihkan, sehingga banyak orang kerap memakainya untuk aktivitas sehari-hari. 

Model-model kaus yang beragam seringkali membuat orang bingung membedakan jenisnya. Berikut ini beberapa jenis kaus selain short sleeve dan long sleeve, yang mungkin sudah Anda miliki dan belum ada di lemari pakaian Anda:

Crewneck

Jenis kaus inin sudah populer di kalangan banyak orang. Biasanya disebut model kaus ini disebut dengan kaus O-neck atau kaus oblong karena memiliki garis leher bulat tanpa kerah. Kaus ini umumnya berlengan pendek.

Ringer T-shirt

Kaus ringer T-shirt mirip dengan crewneck, tetapi terdapat perbedaan pada warna atau bahan di bagian tepi leher. Perbedaan lainnya dan ada di bagian tangannya dibandingkan dengan badan kaus.

Tank Top/Sleveless

Kaus tank top/sleeevcocok dipakai saat cuaca panas. Dalam bahasa Indonesia, sleeveless berarti tidak memiliki lengan, sehingga bahu hingga pergelangan tangan terbuka sepenuhnya.

V-Neck

Sesuai dengan namanya, v-neck adalah jenis kaus yang memiliki lubang leher berbentuk huruf "V" dengan sudut yang tajam di bagian dada atas.

Y-Neck

Mirip dengan kaus V-neck, tetapi kaus Y-neck memiliki tambahan belahan ke bawah hingga dada yang dilengkapi dengan kancing, seperti pada kaus berkerah atau polo shirt. Jumlah kancingnya bisa bervariasi sesuai selera.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu long sleeve dan perbedaanya dengan short sleeve. kedua jenis kaus ini dapat menadi piihan pakaian untuk tampil sehari-hari atau kegiatan santai di luaar. Baca juga beragam jenis jaket serta fungsinya.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.