Bakal Debut di GIIAS 2024, Hyundai Ioniq 5 N Bukukan Rekor Ini di Arena Pikes Peak

JAKARTA - Hyundai baru-baru ini mencatatkan rekor di ajang motorsport tahunan Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) dengan dua modelnya, yaitu Ioniq 5 N Time Attack (TA) dan Ioniq 5 N.

Dalam ajang tersebut, pabrikan asal Korea Selatan ini mengirim tiga mobil, terdiri dari dua unit Ioniq 5 N TA dan satu unit Ioniq 5 N, untuk menaklukkan rintangan di bukit Pikes Peak yang memiliki panjang 20 km dengan ketinggian 4.700 kaki dan 156 tikungan yang menantang dengan kondisi yang tidak menentu.

Melansir dari laman resmi pabrikan pada Rabu, 26 Juni, Hyundai sukses membukukan rekor dalam kategori Electric Modified dan Production SUV/Crossover. Hal ini membuktikan kualitas produk berperforma tinggi dari divisi Hyundai N.

“Ke depannya, kami berencana untuk terus memanfaatkan aktivitas olahraga motor yang menarik seperti Pikes Peak untuk menampilkan performa superior dari kendaraan produksi massal kami dan terus mengembangkan teknologi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan tetapi juga melebihi harapan mereka,” kata Vice President and Head of N Brand and Motorsport, Till Wartenberg.

Mobil Ioniq 5 N TA pertama dikemudikan oleh pembalap Hyundai di kancah WRC, Dani Sordo, yang mencatatkan waktu tercepat 9 menit 30,8 detik dan memenangkan exhibition class. Mobil kedua dikendarai oleh Randy Pobst yang menyelesaikan lomba dengan waktu 9 menit 55,5 detik.

Hyundai Ioniq 5 N TA didasarkan pada versi produksi Ioniq 5 N dengan beberapa modifikasi, mulai dari sisi aerodinamika hingga peningkatan performa motor listrik. Selain itu, crossover ini juga dilengkapi dengan penyetelan performa tinggi lainnya seperti shock-absorber terbaru dan rem dengan spesifikasi motorsport. Selebihnya, spesifikasi TA mempertahankan sebagian besar fitur dari Ioniq 5 N versi reguler.

Sementara itu, mobil Ioniq 5 N dikendarai oleh Ron Zaras dengan catatan waktu 10 menit 49,2 detik, menunjukkan kemampuan crossover tersebut di arena Hill Climb tanpa modifikasi apapun.

Ini bukan pertama kalinya Hyundai mengikuti gelaran Pikes Peak. Pabrikan ini pertama kali mengikuti ajang tersebut pada tahun 1992 dengan mobil Hyundai Scoupe yang dikemudikan oleh Rod Millen, mencatatkan waktu 13 menit 21,1 detik. Hyundai juga mengikuti PPIHC pada tahun 2012 dengan mobil Hyundai Genesis Coupe yang dikemudikan oleh Rhys Millen, anak dari Rod Millen, dengan catatan waktu 9 menit 46,1 detik.

Hyundai Ioniq 5 N akan melakoni debut di Indonesia melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung pada 18-28 Juli mendatang. Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mempresentasikan produk terbaru yang akan dihadirkan dalam pameran tersebut, termasuk Ioniq 5 N, melalui sebuah slide show yang menampilkan siluet kendaraan dari brand Hyundai N.

“Tentunya akan ada produk yang kami perkenalkan di GIIAS 2024 dan segera kami informasikan. Tidak hanya produk yang akan dijual, tetapi juga display yang akan kami hadirkan,” kata Head of Relations PT HMID, Uria Simanjuntak, beberapa waktu lalu di Jakarta.