Label Rekaman Besar Gugat Perusahaan AI Suno dan Udio atas Pelanggaran Hak Cipta Massal

JAKARTA - Tiga label rekaman besar, Sony Music, Universal Music Group, dan Warner Records, menggugat perusahaan kecerdasan buatan Suno dan Udio pada  Senin, 24 Juni. Ketiganya menuduh dua perusahaan itu melakukan pelanggaran hak cipta massal dengan menggunakan rekaman dari label-label tersebut untuk melatih sistem AI pembuat musik.

Menurut gugatan federal yang diajukan terhadap Udio di New York dan Suno di Massachusetts, perusahaan-perusahaan tersebut menyalin musik tanpa izin untuk mengajarkan sistem mereka menciptakan musik yang akan "bersaing langsung, merendahkan, dan akhirnya menenggelamkan" karya seniman manusia.

"Teknologi kami bersifat transformatif; dirancang untuk menghasilkan output yang benar-benar baru, bukan untuk menghafal dan mengulang konten yang sudah ada," kata CEO Suno, Mikey Shulman, dalam sebuah pernyataan. Juru bicara Udio belum memberikan komentar terkait keluhan tersebut.

Keluhan menyatakan bahwa pengguna Suno dan Udio dapat mereproduksi elemen-elemen dari lagu-lagu seperti "My Girl" oleh The Temptations, "All I Want for Christmas Is You" oleh Mariah Carey, dan "I Got You (I Feel Good)" oleh James Brown, serta dapat menghasilkan vokal yang "tidak dapat dibedakan" dari musisi seperti Michael Jackson, Bruce Springsteen, dan ABBA.

Label rekaman meminta pengadilan memberikan ganti rugi hukum hingga  150.000 dolar AS (Rp2,4 miliar) per lagu yang diduga disalin oleh terdakwa. Mereka menuduh Suno menyalin 662 lagu dan Udio menyalin 1.670 lagu.

Gugatan ini adalah yang pertama menargetkan AI pembuat musik setelah beberapa kasus yang diajukan oleh penulis, outlet berita, dan lainnya mengenai dugaan penyalahgunaan karya mereka untuk melatih model AI berbasis teks yang mendukung chatbot seperti ChatGPT dari OpenAI. Perusahaan AI berargumen bahwa sistem mereka menggunakan materi berhak cipta secara wajar.

Suno yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, dan Udio yang berbasis di New York, telah mengumpulkan jutaan dana tahun ini untuk sistem AI mereka yang menciptakan musik sebagai tanggapan atas permintaan teks pengguna.

Keluhan dari label-label tersebut mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut telah "secara sengaja mengelak" tentang materi yang mereka gunakan untuk melatih teknologi mereka, dan bahwa mengungkapnya akan "mengakui pelanggaran hak cipta yang disengaja dalam skala yang hampir tidak terbayangkan."

"Layanan tidak berlisensi seperti Suno dan Udio yang mengklaim 'adil' untuk menyalin karya hidup seorang seniman dan mengeksploitasinya untuk keuntungan mereka sendiri tanpa izin atau pembayaran menghambat janji AI yang benar-benar inovatif untuk kita semua," kata Mitch Glazier, CEO Asosiasi Industri Rekaman Amerika, dalam sebuah pernyataan.