Pengertian, Tips, hingga Cara Mencari Pekerjaan Impian Melalui Job Fair

YOGYAKARTA – Banyak orang menganggap bahwa job fair adalah kunci para job seeker untuk mendapatkan pekerjaan impian di perusahaan profesional. Anggapan tersebut muncul karena sudah banyak orang membuktikan. Namun mendapatkan pekerjaan di event kerja tersebut juga tidak semudah itu. Ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum pergi ke event tersebut. Artikel ini akan memberikan beberapa informasi penting terkait job fair.

Pengertian Job Fair

Dilanri dari situs Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), job fair adalah layanan yang akan mempertemukan para pencari kerja dan pemberi kerja di satu wadah.

Event ini biasanya digelar di area yang luas sehingga dapat menampung sebanyak-banyaknya pengunjung. Dalam acara tersebut biasanya perusahaan akan membuka mini booth atau semacam ruang untuk mewawancarai para pelamar di tahap awal. Selain itu tersedia pula informasi terkait perusahaan agar bisa dilihat dan dibaca oleh para pencari kerja.

Dalam perkembangannya job fair tidak hanya digelar secara offline, saat ini ada pula layanan job fair online. Pelamar dapat mengunjungi job fair tersebut dari mana pun tanpa hadir langsung ke venue.

Apa yang Tersedia di Job Fair?

Job fair biasanya digelar oleh pihak ketiga baik swasta maupun pemerintahan. Mereka akan memfasilitasi perusahaan dan pencari kerja untuk saling bertemu.

Vendor akan mengadakan sebuah acara dengan berbagai fasilitas yang menguntungkan pencari maupun penyedia kerja misalnya booth untuk perusahaan penyedia kerja, konsultan karier, informasi perusahaan, networking, dan lain sebagainya.

Manfaat Job Fair

Manfaat job fair dapat ditinjau dari dua sudut pandang yakni dari sisi perusahaan penyedia kerja dan para pencari kerja.

  1. Bagi Perusahaan Penyedia Kerja
  • Mendapat publikasi gratis
  • Sebagai media branding
  • Peluang mendapat pekerja terbaik
  • Networking
  • Proses rekrutmen lebih efektif
  1. Bagi Pencari Kerja
  • Mendapat konsultasi gratis
  • Pilihan perusahaan lebih variatif
  • Mendapat peluang membangun karier lebih cepat
  • Networking
  • Lamaran kerja diproses lebih cepat
  • Bisa bertemu dengan HRD perusahaan secara personal

Tips Mencari Kerja di Job Fair

Agar mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat di bursa kerja lebih mudah, para pencari kerja disarankan memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Siapkan Dokumen Sejak Awal

Disarankan untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, baik asli maupun fotocopy. Dokumen yang harus disiapkan misalnya KTP, CV atau resume, surat lamaran pekerjaan, portofolio, pas foto, pena, dan map.

Disarankan pula untuk membawa kartu nama. Fungsi kartu ini untuk membangun networking sehingga potensi mendapat pekerjaan lebih besar dan luas.

  1. Dalami Posisi dan Pekerjaan yang Diincar

Bagi fresh graduate yang mencoba mencari peluang kerja di bursa karier disarankan untuk mempelajari jenis pekerjaan dan posisi yang diincar. Misalnya, ingin menjalani profesi account officer, Anda tentu disarankan untuk mengenal profesi account officer.

  1. Kenakan Pakaian Rapi

Harus diketahui biasanya HRD perusahaan akan menilai para pelamar kerja dari pakaian yang dikenakan. Karena itu disarankan untuk mengenakan pakaian serapi mungkin seperti kemeja, celana panjang, dan sepatu. Sesuaikan pakaian dengan tema acara yang digelar.

3 .  Cari Tahu Perusahaan yang Diincar

Disarankan pula untuk mencari tahu secara mendalam perusahaan yang diincar. Biasanya bursa karier digelar selama beberapa hari. Anda bisa datang di hari pertama lalu mencatat apa saja perusahaan yang diincar. Cari tahu kredibilitas perusahaan tersebut di internet untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.

Cara Mencari Job Fair

Saat ini ada banyak agenda bursa kerja yang digelar baik online maupun offline. Berikut ini cara mencari job fair terbaru agar tak ketinggalan informasinya.

  1. Pantau situs atau kanal lain yang dimiliki oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI
  2. Datangi kantor Kemenaker daerah atau provinsi untuk untuk mendapatkan informasi terkait bursa kerja
  3. Pencari kerja juga bisa mencari informasi job fair di website maupun kantor pihak ketiga penyelenggara bursa kerja.

Job fair adalah kesempatan baik yang bisa dimiliki oleh para pencari kerja. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi terkait profesi yang ada di dunia kerja.