Bagikan:

YOGYAKARTA - Solo menjadi salah satu tujuan liburan favorit bagi banyak orang selain Jogja. Kota ini selalu ramai wisatawan ketika momen holiday, termasuk libur sekolah. Kota berjuluk the spirit of java ini memang memiliki beragam objek wisata beragam yang cocok untuk refreshing keluarga. 

Ada banyak pilihan destinasi wisata keluarga di Solo yang bisa dikunjungi oleh Anda bersama pasangan dan anak. Kota yang berada di Jawa Tengah ini menawarkan ragam wisata yang lengkap, mulai dari tempat bersejarah, wisata alam, city park, hingga agenda seni dan budaya. 

Apalagi sejak beberapa tahun belakangan ini kota Solo mengalami banyak perkembangan dan menampilkan wajah baru yang lebih menarik. Jika Anda dan keluarga ingin menghabiskan waktu untuk liburan, kota ini jadi opsi yang tepat. Lantas mana saja wisata di Solo yang wajib masuk bucket list liburan bersama keluarga?

Destinasi Wisata Libur Sekolah di Solo

Mengajak anak atau keluarga berlibur bisa menjadi kegiatan yang menarik ketika libur sekolah. Saat pergi liburan bersama anak pastinya Anda ingin mendatangi tempat wisata yang ramah anak atau kids friendly. Kota solo bisa menjadi tujuan traveling yang tepat karena di sini terdapat beragam objek wisata yang cocok untuk keluarga. 

Berikut ini beberapa pilihan destinasi wisata di solo yang menarik dikunjungi ketika libur sekolah:

Jurug Solo Zoo

Kebun binatang selalu menjadi tujuan populer saat liburan sekolah. Di kota Solo juga terdapat taman safari yang bisa dikunjungi, yaitu Solo Safari. Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa melihat berbagai jenis satwa menarik dan terawat dengan baik.

Solo Safari merupakan pembaruan atau versi revitalisasi dari kebun binatang sebelumnya, yaitu Taman Satwa Taru Jurug. Sejak dilakukan transformasi, taman safari ini kini menawarkan lebih banyak daya tarik. Tidak hanya daftar hewannya yang makin beragam, di sini juga terdapat wisata edukasi dan lainnya. 

De Tjolomadoe

De Tjolomadoe merupakan sebuah bangunan bekas pabrik gula yang telah diubah menjadi museum keren. Di dalam tempat ini, Anda bisa melihat berbagai mesin yang dulu digunakan untuk mengolah tebu di area bernama Stasiun Penggilingan.

Tidak hanya menawarkan pelajaran sejarah tentang pabrik gula, museum ini juga menampilkan bangunan yang megah dan estetik. Di tempat ini, pengunjung juga bisa merasakan berbagai fasilitas menarik seperti concert hall, coffee shop, dan area taman yang menjadi daya tarik tersendiri dari museum ini.

The Heritage Palace

The Heritage Palace dulunya adalah pabrik gula dibangun pada tahun 1892. Tempat ini sekarang menjadi destinasi wisata keluarga dengan berbagai wahana menarik. Ketika berada di halaman utama The Heritage Palace, Anda akan disambut oleh bangunan megah bergaya Eropa klasik. 

Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan mobil-mobil antik yang dipajang mirip dengan di Museum Angkut Malang. Beberapa wahana lain yang bisa dinikmati di The Heritage Palace meliputi Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, dan Kids Town & Food Street. 

Keraton Surakarta

Objek wisata lainnya di kota Solo yang bisa didatangi untuk rekreasi sekaligus belajar sejarah adalah Keraton Surakarta. Tempat agung dan ikonik di kota Solo ini menjadi tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan di Solo. Selain dapat mempelajari sejarah kerajaan Surakarta, pengunjung juga dapat mengeksplorasi dan memahami budaya Jawa yang masih terjaga.

Keraton Surakarta menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah seperti kereta kencana dan senjata kuno. Pengunjung bisa melihat secara langsung benda-benda kuno dan berharga di dalam kompleks keraton ini. Wisatawan juga bisa memasuki ruangan di dalamnya untuk mengabadikan foto atau video.

Ngarsopuro Night Market

Mengunjungi Ngarsopuro Night Market bisa menjadi kegiatan menyenangkan untuk mengisi liburan. Tempat ini berkonsep pasar malam yang dipenuhi oleh lapak-lapak kuliner, pernak-pernik, hingga pertunjukan-pertunjukkan menghibur. 

Anda bisa mengajak keluarga datang ke tempat ini untuk belanja berbagai barang unik seperti batik khas Solo, benda antik, pakaian, hingga kuliner tradisional. Pasar ini hanya buka pada malam hari Sabtu selama kurang lebih empat jam. Waktu yang singkat ini membuat Ngarsopuro Night Market selalu ramai pengunjung.

Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang merupakan taman kota yang menyediakan ruang terbuka hijau. Selain lokasinya yang strategis berada di tengah kota, taman ini cocok dijadikan tempat liburan keluarga karena menawarkan berbagai fasilitas lengkap. 

Di tengah-tengah taman ini terdapat pohon-pohon besar yang rindang, sehingga udaranya terasa sejuk dan teduh. Selain itu, terdapat banyak rusa jinak yang dilepasliarkan dan bisa diajak interaksi oleh pengunjung. Pengunjung bisa merasakan pengalaman piknik santai, bermain bebek kayuh di Taman Air Partini, atau mengunjungi Taman Reptil Balekambang untuk melihat koleksi hewan reptil yang ada.

Pandawa Water World

Pilihan tempat wisata di Solo lainnya yang recommended untuk liburan keluarga adalah Pandawa Water World. Tempat ini merupakan waterpark yang mengusung tema Mahabarata, dengan Patung-patung tokoh wayang Pandawa seperti Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa yang menjadi ikon utamanya.

Pandawa Water World menyediakan berbagai wahana air, mulai dari wave pool, racer slide, black hole slide, warm spa, dan sight shower yang menari. Para orang tua yang membawa anak tidak perlu khawatir, sebab di sini terdapat kolam khusus children and toddler. 

Demikianlah beberapa destinasi wisata libur sekolah di Solo yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Dengan beragamnya tempat wisata di kota ini, Anda bisa memilih ingin mengajak anak wisata sejarah, wisata alam, ataupun mengeksplorasi kuliner di Solo. Baca juga wisata nyaman anak di Jabodetabek

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.