Khofifah Ajak Warga Jalan-jalan saat Libur Panjang Iduladha
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak warga untuk mengisi libur panjang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah dengan berwisata ke daerah-daerah tujuan piknik di Jawa Timur.

"Kepada anak-anakku yang mulai memasuki masa libur sekolah, di Jatim banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Bahkan tidak hanya wisata, tapi juga banyak yang sekaligus sarana edukasi," katanya di Surabaya, dikutip dari Antara, Sabtu 24 Juni.

Gubernur menyampaikan bahwa Jawa Timur punya banyak daerah tujuan wisata favorit, termasuk di antaranya Kawah Ijen dan Gunung Bromo.

"Ke barat lagi ada Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu yang memiliki destinasi wisata alam hingga buatan dengan teknologi digital yang cocok untuk anak, remaja, dan keluarga," katanya.

Selain itu, dia melanjutkan, ada objek wisata Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, serta Gunung Kelud di Kediri.

"Di Telaga Sarangan terdapat layanan jasa sewa perahu dan becak air yang dapat digunakan untuk menjelajahi telaga," katanya.

Warga yang ingin menikmati pantai bisa mengunjungi Pantai Gema di Tulungagung serta Prigi dan Mutiara di Trenggalek melalui Jalan Lingkar Selatan yang pemandangannya bagus.

Sementara itu, Wisata Bahari Lamongan (WBL) bisa menjadi pilihan tujuan wisata bagi warga yang tinggal di wilayah pantai utara Jawa Timur.

Khofifah mengatakan bahwa Pantai Delegan Gresik juga bisa menjadi pilihan keluarga yang ingin menikmati suasana pantai selama liburan.

"Kemudian ada pula Kebun Binatang Surabaya, yang menawarkan wisata edukasi satwa, yang saat ini juga telah dilengkapi dengan Surabaya Night Zoo," katanya.

"Juga, yang tak kalah menarik adalah Gili Iyang di Kabupaten Sumenep, yang terkenal sebagai pulau oksigen," ia menambahkan.