Bagikan:

YOGYAKARTA - Untuk Kalian para pencari kerja nyatanya telah tidak asing lagi dengan aktivitas job fair serta mencari metode melamar kerja di job fair. Aktivitas yang senantiasa dibuka tiap tahun ini umumnya bakal memperkenalkan banyak perusahaan, baik perusahaan kecil sampai perusahaan besar. Umumnya aktivitas ini pula bakal dihadiri oleh banyak sekali pelamar dari bermacam daerah yang mau mencoba peruntungannya supaya dapat memperoleh pekerjaan.

Sayangnya, dari banyaknya partisipan yang muncul nyatanya tidak seluruhnya kebagian kursi pada masing- masing posisi yang ditawarkan masing- masing perusahaan. Oleh karenanya aktivitas satu ini jadi salah satu tantangan tertentu untuk para pelamar buat menampilkan performa terbaiknya. Sebab terdapatnya persaingan yang begitu ketat inilah, Kalian butuh melangsungkan sebagian hal ini supaya dapat lolos serta memperoleh pekerjaan impianmu.

Cara Melamar Kerja di Job Fair

Terdapatnya event job fair ini memanglah sangat menguntungkan untuk para pencari kerja. Namun terdapat sebagian hal yang dapat kalian peruntukan selaku persiapan serta strategi supaya dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan impian dan sanggup tingkatkan jenjang karir yang lebih baik kedepannya:

Dapatkan informasi yang Akurat Mengenai Berlangsungnya Event

Supaya kalian tidak ketinggalan pelaksanaan job fair serta dapat mempersiapkan apa saja yang bakal di bawa pada dikala mendatangi tiap boothnya, maka cari informasi terlebih dulu mengenai kapan bakal berlangsung, tempat diselenggaranya event ini.

Setelah itu perusahaan mana saja yang turut berpartisipasi sehingga data ini juga bakal membuat kalian lebih tertarik buat mengikutinya hadir di job expo.

Metode buat dapat memperoleh informasi dapat lewat radio, koran, internet ataupun mengikuti milis pencari kerja ataupun universitas.

Mempersiapkan CV

Selaku pelamar kerja pastinya dibutuhkan berkas lamaran kerja. Sehingga kalian butuh mempersiapkan amplop coklat ataupun map beserta:

  • Pas foto baik dimensi 3×4 serta 4×6 dengan latar belakang merah serta biru
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah serta transkrip nilai yang telah terdapat legalisir
  • Sertakan CV.

Pembuatan CV( Curiculum Vitae) hendaknya kalian isi selengkap bisa jadi, padat serta tidak butuh sampai lebih dari 3( 3) halaman.

Cek kembali tiap penulisan huruf dan kerapihan dalam pengetikan. Senantiasa simpan tiap CV ataupun scan dari tiap dokumen- dokumen berarti yang memanglah diperlukan buat melamar kerja ke dalam flashdisk kalian supaya apabila memanglah kalian lagi kehilangan berkas yang telah kalian siapkan lebih dahulu dapat langsung mencari tempat buat print berkas kalian kembali.

Tidak menutup kemungkinan pula terdapat industri yang dalam proses melamar kerja cuma meminta berkas secara softcopy sehingga kalian cuma butuh langsung menancapkan flashdisk ke laptop pemberi kerja ataupun dapat langsung mengirimkan melalui email.

Ikuti pula pembahasan terpaut mengenai contoh pesan lamaran kerja yang baik lewat email disini dan postingan menarik yang lain tentang strategi mencari kerja yang layak sehabis lulus kuliah.

Memikirkan Tentang Sebagian Persoalan dikala Interview

Senantiasa pikirkan terlebih dulu tiap jawaban yang bakal kalian lontarkan nantinya pada dikala persoalan diberikan kepada kalian.

Umumnya persoalan yang kerap diberikan kepada calon karyawan yakni sebab kalian melamar, apa yang telah kalian tahu mengenai perusahaan yang dilamar, kelebihan serta kelemahan yang terdapat di dalam diri, apa yang hendak kalian bagikan kepada perusahaan bila telah jadi karyawan dsb. Selalu jawab dari tiap pertanyaan dengan rasa percaya diri.

Siapkan Perlengkapan Pendukung lainnya

Sediakan perlengkapan pendukung di dalam tas kalian semacam perlengkapan perlengkapan tulis pena minimal 2 buah( buat menghindari apabila isi pena macet ataupun telah habis tinta), tipex, pensil, penghapus, rautan, gunting, lem.

Sebab disitu kalian wajib serba cepat tidak bisa harus mencari pinjaman terlebih dulu. Ingatlah pula dimana kalian menaruh file yang telah matang buat melamar kerja.

Persiapan Mental Serta Fisik

Pada dikala pelaksanaan jangan sampai kalian tiba dengan wajah yang kurang fresh serta tidak fit. Upayakan malam lebih dahulu kalian telah mempersiapkan segalanya dengan baik, isitirahat yang cukup dan keesokan harinya kalian wajib makan pagi terlebih dulu supaya mood kalian baik serta lebih bertenaga.

Sebab apabila kalian dalam keadaan tidak sehat ataupun dalam keadaan lapar serta keletihan dapat jadi pada dikala tahap wawancara kalian tidak fokus sehingga berakibat memberikan nilai negatif tentang pribadi kalian.

Jangan Sampai Mengabaikan Penampilan

Mendatangi job fair sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan mendatangi langsung di kantor tempat kalian melamar pekerjaan.

Sehingga kalian wajib berpenampilan semenarik bisa jadi dengan baju resmi, rambut yang tertata apik, selayaknya kalian merupakan orang yang telah profesional. Serta jangan lupa pakai parfum buat melindungi kesegaran badan kalian sebab penampilan memanglah sangat berarti buat menjadikan kalian selaku individu yang apik serta meyakinkan.

Bersikap Santun Serta Kesempatan Menambah Teman dengan Peserta Lainnya

Walaupun di job fair bakal terdapat banyak ribuan pengunjung bukan berarti mereka merupakan para pesaing kalian buat dapat memperoleh pekerjaan tersebut.

Malah sebaiknya buatlah diri kalian senantiasa merasa aman dengan tetap ramah serta pada dikala menunggu antrian serta tidak ada salahnya kalian mengajak berbincang dengan partisipan lain buat menaikkan kedekatan serta data penting lainnya.

Jadi setelah mengetahui cara melamar kerja di job fair, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!