Timnas Indonesia U-16 Hadapi Filipina di Piala AFF U-16 2024, Erick Thohir Sebut Tim Bermodal Mental Baja

JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 akan menjalani matchday kedua Piala AFF U-16 2024 yang digelar di Solo dengan menghadapi Filipina. Jelang laga Senin, 24 Juni itu Skuad Garuda Muda punya modal yang bisa jadi penguat mental.

Tergabung dalam Grup A, timnas Indonesia U-16 membawa modal apik untuk jumpa Filipina, sebab di laga sebelumnya tim asuhan Nova Irianto ini memang 3-0 lawan Singapura.

Berkaca pada hasil laga sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir kemudian menilai bahwa saat ini timnas Indonesia U-16 sudah memiliki mental baja sebagai modal setelah berhasil menekuk Singapura.

“Saat itu (saat lawan Singapura), timnas Indonesia U-16 sempat dapat penalti. Kalau itu gol, pasti permainan bisa berubah,”

“Beruntung kiper bisa menahan penalti dan pemain muda tampil konsisten yang membuat mental jadi kuat untuk laga selanjutnya,” buka Erick Thohir menyinggung performa timnas di laga sebelumnya dalam keterangan dikutip pada Minggu, 23 Juni.

Pada laga itu, Erick Thohir juga memberikan perhatian untuk performa Matthew Baker yang merupakan pemain keturunan Australia. Erick Thohir menyebut sang pemain punya kemampuan seperti Pratama Arhan setelah lemparan jauh ke dalamnya berbuah gol untuk tim.

“Ada pemain Indonesia dari Australia, Matthew Baker yang menonjol. Ada juga yang viral jadi penerus Arhan, nomor punggung 14, Fabio Azka,” imbuhnya.

Dengan kondisi seperti ini, menjadi bukti bahwa Pembinaan usia dini menjadi penting untuk persepakbolaan Indonesia. Baginya pembinaan usia muda menjadi salah satu kunci untuk membangun Timnas Indonesia yang kuat di masa depan.