Kim Jong Un-Putin ‘Mesra’, Korsel Pertimbangkan Pasok Senjata ke Ukraina

JAKARTA - Korea Selatan mengatakan akan meninjau kemungkinan memasok senjata ke Ukraina.

Kantor berita Yonhap melaporkan informasi ini dengan mengutip seorang pejabat setelah para pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Rusia, Vladimir Putin menandatangani perjanjian yang menjanjikan pertahanan bersama jika terjadi perang.

Dilansir Reuters, dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada Kamis, 20 Juni, Seoul juga mengecam perjanjian kemitraan strategis komprehensif yang ditandatangani oleh para pemimpin Korea Utara dan Rusia minggu ini, dengan mengatakan perjanjian tersebut melanggar sanksi PBB.

“Pemerintah dengan jelas menekankan bahwa kerja sama apa pun yang secara langsung atau tidak langsung membantu Korea Utara meningkatkan kekuatan militernya merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB dan tunduk pada pemantauan dan sanksi oleh komunitas internasional,” kata kantor kepresidenan dalam pernyataannya, seraya menekankan pelanggaran seperti itu akan memperburuk hubungan Seoul dengan Moskow.

Korea Utara dan Rusia menghidupkan kembali perjanjian yang dibuat pada era Perang Dingin ketika para pemimpin mereka bertemu di Pyongyang minggu ini, dan sepakat untuk memberikan bantuan militer jika mereka diserang.