Taiwan akan Terima 720 Drone Rudal Switchblade dari Penjualan Senjata Baru AS

JAKARTA - Taiwan akan menerima 720 rudal Switchblade dan sistem pengendalian tembakan senilai 60,2 juta Dollar AS, menurut rilis dari Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS (DSCA).

AS juga akan memberiKAN Taiwan hingga 291 amunisi Altius 600M dan komponen pendukungnya dengan harga 300 juta Dollar AS, kata DSCA.

Usulan penjualan tersebut terjadi ketika China meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan, dengan latihan militer intensif di sekitarnya dan penerbangan pesawat tempur hampir setiap hari di dekat pulau tersebut.

Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa mengklaim Taiwan yang demokratis sebagai miliknya, meskipun tidak pernah menguasainya, dan berjanji untuk “bersatu kembali” dengan pulau tersebut, jika perlu dengan kekerasan.

Berdasarkan Undang-Undang Hubungan Taiwan, Washington secara hukum diwajibkan menyediakan sarana pertahanan bagi Taiwan, dan memasok persenjataan pertahanan kepada Taiwan.

Namun penjualan senjata tersebut mendapat teguran dari Beijing.

Dalam pidatonya di KTT pertahanan Dialog Shangri-La di Singapura awal bulan ini, Menteri Pertahanan Tiongkok Laksamana Dong Jun mengecam “kekuatan campur tangan eksternal” karena menjual senjata dan melakukan “kontak resmi ilegal” dengan Taiwan, yang tampaknya merujuk pada AS. 

Switchblade, yang terlihat seperti drone kecil bersayap, adalah rudal berpemandu presisi ringan dan murah yang dapat diluncurkan dari berbagai platform dalam waktu dua menit, tetap terbang selama 20 menit dan dengan jangkauan 30 kilometer (18,6 mil).

Produsen AeroVironment mengatakan produknya telah menunjukkan kinerja yang baik dalam pertahanan Ukraina terhadap invasi Rusia yang sedang berlangsung.

“Kami merasa puas dengan banyaknya masukan dari pengguna dan permintaan akan sistem tambahan,” kata CEO perusahaan Wahid Nawabi dalam postingan April di situs web AeroVironment.

Sementara itu, Altius 600M yang lebih besar dapat membawa “beberapa pilihan pencari dan hulu ledak” ketika diluncurkan dari platform darat, udara dan laut, kata produsen Anduril di situs webnya.

Kedua drone tersebut juga dapat digunakan untuk pengintaian.

Dalam pernyataan pada Rabu, 19 Juni dilansir CNN, kantor kepresidenan Taiwan berterima kasih kepada AS atas komitmen keamanannya, dan menambahkan bahwa ini adalah penjualan senjata ke-15 yang dilakukan pemerintahan Biden ke pulau itu sejak tahun 2021.

“Taiwan akan terus memperkuat kemampuan pertahanan diri dan peperangan asimetris kami untuk meningkatkan pencegahan kami,” kata juru bicara kantor kepresidenan Karen Kuo.

“Kami akan dengan tegas mempertahankan sistem konstitusional demokrasi dan kebebasan kami, dan kami akan bekerja sama dengan negara-negara yang memiliki cita-cita serupa untuk menjaga tatanan internasional berbasis aturan.”

Gambar yang ditunjukkan Korps Marinir AS ini menunjukkan sistem drone Switchblade 300 10C digunakan sebagai bagian dari latihan di Pusat Tempur Darat Udara Korps Marinir Twentynine Palms, California, pada 24 September 2021. Kopral Alexis Moradian mengatakan

Amerika Serikat telah menyetujui penjualan lebih dari 1.000 drone kecil bersenjata ke Taiwan senilai 360 juta Dollar AS, karena pulau dengan pemerintahan mandiri yang diklaim oleh China ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan peperangan asimetrisnya dengan memperhatikan taktik yang berhasil digunakan di medan perang di Ukraina.